KESIAPAN GURU MATEMATIKA DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DI SMP NEGERI 1 PRACIMANTORO

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan kesiapan guru matematika di SMP Negeri 1 Pracimantoro, Wonogiri dalam (1) Pengembangan Silabus MatematikaKurikulum tingkat satuan Pendidikan, (2) Pelaksanaan pembelajaran Matematika Kurikulum tingkat satuan Pendidikan , (3) Evaluasi pembelajara...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: HARTANTI, HARTANTI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2007
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11017/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995227131314176
author HARTANTI, HARTANTI
author_facet HARTANTI, HARTANTI
author_sort HARTANTI, HARTANTI
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan kesiapan guru matematika di SMP Negeri 1 Pracimantoro, Wonogiri dalam (1) Pengembangan Silabus MatematikaKurikulum tingkat satuan Pendidikan, (2) Pelaksanaan pembelajaran Matematika Kurikulum tingkat satuan Pendidikan , (3) Evaluasi pembelajaran Matematika Kurikulum tingkat satuan Pendidikan. Sumber data: guru, siswa dan dokumen-dokumen yangditentukan secara purposif dan . Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukandengan triangulasi data dan . Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian (1) Pengembangan silabus dilakukan dengan langkah-langkah (a)mengisi kolom identitas, (b) menentukan standar kompetensi dan kompetensi dasar,(c)mengidentifikasi materi pokok, (d) mengembangkan pengalaman belajar, (e) merumuskan indikator keberhasilan belajar, (f) menentukan jenis penilaian, (g) menentukan alokasi waktu, (h) menentukan sumber belajar, (2) Pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan tiga tahapan, yaitu tahap pendahuluan, kegitan inti, penutup yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan, (3) Evaluasi pembelajaran diterapkan evaluasi proses dan evaluasi hasil belajar yang bekesinambungan. Evaluasi proses yang dilakukan berupa unjuk kerja, kuesioner, dan wawancara sedangkan evaluasi hasil belajar yang dilakukan berupa ulangan harian, ujian akhir semester dan ujian akhir tahun.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11017
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2007
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11017 https://eprints.ums.ac.id/11017/ KESIAPAN GURU MATEMATIKA DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DI SMP NEGERI 1 PRACIMANTORO HARTANTI, HARTANTI L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan kesiapan guru matematika di SMP Negeri 1 Pracimantoro, Wonogiri dalam (1) Pengembangan Silabus MatematikaKurikulum tingkat satuan Pendidikan, (2) Pelaksanaan pembelajaran Matematika Kurikulum tingkat satuan Pendidikan , (3) Evaluasi pembelajaran Matematika Kurikulum tingkat satuan Pendidikan. Sumber data: guru, siswa dan dokumen-dokumen yangditentukan secara purposif dan . Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukandengan triangulasi data dan . Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian (1) Pengembangan silabus dilakukan dengan langkah-langkah (a)mengisi kolom identitas, (b) menentukan standar kompetensi dan kompetensi dasar,(c)mengidentifikasi materi pokok, (d) mengembangkan pengalaman belajar, (e) merumuskan indikator keberhasilan belajar, (f) menentukan jenis penilaian, (g) menentukan alokasi waktu, (h) menentukan sumber belajar, (2) Pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan tiga tahapan, yaitu tahap pendahuluan, kegitan inti, penutup yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan, (3) Evaluasi pembelajaran diterapkan evaluasi proses dan evaluasi hasil belajar yang bekesinambungan. Evaluasi proses yang dilakukan berupa unjuk kerja, kuesioner, dan wawancara sedangkan evaluasi hasil belajar yang dilakukan berupa ulangan harian, ujian akhir semester dan ujian akhir tahun. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11017/1/dpn.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11017/2/1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11017/3/2.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11017/4/3.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11017/5/4.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11017/6/5.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11017/8/dapus.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11017/11/lamp.pdf HARTANTI, HARTANTI (2007) KESIAPAN GURU MATEMATIKA DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DI SMP NEGERI 1 PRACIMANTORO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A410030157
spellingShingle L Education (General)
HARTANTI, HARTANTI
KESIAPAN GURU MATEMATIKA DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DI SMP NEGERI 1 PRACIMANTORO
title KESIAPAN GURU MATEMATIKA DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DI SMP NEGERI 1 PRACIMANTORO
title_full KESIAPAN GURU MATEMATIKA DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DI SMP NEGERI 1 PRACIMANTORO
title_fullStr KESIAPAN GURU MATEMATIKA DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DI SMP NEGERI 1 PRACIMANTORO
title_full_unstemmed KESIAPAN GURU MATEMATIKA DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DI SMP NEGERI 1 PRACIMANTORO
title_short KESIAPAN GURU MATEMATIKA DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DI SMP NEGERI 1 PRACIMANTORO
title_sort kesiapan guru matematika dalam implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan di smp negeri 1 pracimantoro
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/11017/
work_keys_str_mv AT hartantihartanti kesiapangurumatematikadalamimplementasikurikulumtingkatsatuanpendidikandismpnegeri1pracimantoro