KESIAPAN GURU MATEMATIKA DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DI SMP NEGERI 1 PRACIMANTORO
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan kesiapan guru matematika di SMP Negeri 1 Pracimantoro, Wonogiri dalam (1) Pengembangan Silabus MatematikaKurikulum tingkat satuan Pendidikan, (2) Pelaksanaan pembelajaran Matematika Kurikulum tingkat satuan Pendidikan , (3) Evaluasi pembelajara...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2007
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11017/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995227131314176 |
---|---|
author | HARTANTI, HARTANTI |
author_facet | HARTANTI, HARTANTI |
author_sort | HARTANTI, HARTANTI |
collection | ePrints |
description | Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan kesiapan guru matematika
di SMP Negeri 1 Pracimantoro, Wonogiri dalam (1) Pengembangan Silabus
MatematikaKurikulum tingkat satuan Pendidikan, (2) Pelaksanaan pembelajaran
Matematika Kurikulum tingkat satuan Pendidikan , (3) Evaluasi pembelajaran
Matematika Kurikulum tingkat satuan Pendidikan. Sumber data: guru, siswa dan
dokumen-dokumen yangditentukan secara purposif dan . Data
dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data
dilakukandengan triangulasi data dan . Teknik analisis data dilakukan
secara kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian (1) Pengembangan silabus
dilakukan dengan langkah-langkah (a)mengisi kolom identitas, (b) menentukan
standar kompetensi dan kompetensi dasar,(c)mengidentifikasi materi pokok, (d)
mengembangkan pengalaman belajar, (e) merumuskan indikator keberhasilan belajar,
(f) menentukan jenis penilaian, (g) menentukan alokasi waktu, (h) menentukan
sumber belajar, (2) Pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan tiga tahapan, yaitu
tahap pendahuluan, kegitan inti, penutup yang dilakukan secara sistematis dan
berkesinambungan, (3) Evaluasi pembelajaran diterapkan evaluasi proses dan
evaluasi hasil belajar yang bekesinambungan. Evaluasi proses yang dilakukan berupa
unjuk kerja, kuesioner, dan wawancara sedangkan evaluasi hasil belajar yang
dilakukan berupa ulangan harian, ujian akhir semester dan ujian akhir tahun. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:11017 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2007 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:11017 https://eprints.ums.ac.id/11017/ KESIAPAN GURU MATEMATIKA DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DI SMP NEGERI 1 PRACIMANTORO HARTANTI, HARTANTI L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan kesiapan guru matematika di SMP Negeri 1 Pracimantoro, Wonogiri dalam (1) Pengembangan Silabus MatematikaKurikulum tingkat satuan Pendidikan, (2) Pelaksanaan pembelajaran Matematika Kurikulum tingkat satuan Pendidikan , (3) Evaluasi pembelajaran Matematika Kurikulum tingkat satuan Pendidikan. Sumber data: guru, siswa dan dokumen-dokumen yangditentukan secara purposif dan . Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukandengan triangulasi data dan . Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian (1) Pengembangan silabus dilakukan dengan langkah-langkah (a)mengisi kolom identitas, (b) menentukan standar kompetensi dan kompetensi dasar,(c)mengidentifikasi materi pokok, (d) mengembangkan pengalaman belajar, (e) merumuskan indikator keberhasilan belajar, (f) menentukan jenis penilaian, (g) menentukan alokasi waktu, (h) menentukan sumber belajar, (2) Pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan tiga tahapan, yaitu tahap pendahuluan, kegitan inti, penutup yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan, (3) Evaluasi pembelajaran diterapkan evaluasi proses dan evaluasi hasil belajar yang bekesinambungan. Evaluasi proses yang dilakukan berupa unjuk kerja, kuesioner, dan wawancara sedangkan evaluasi hasil belajar yang dilakukan berupa ulangan harian, ujian akhir semester dan ujian akhir tahun. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11017/1/dpn.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11017/2/1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11017/3/2.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11017/4/3.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11017/5/4.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11017/6/5.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11017/8/dapus.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11017/11/lamp.pdf HARTANTI, HARTANTI (2007) KESIAPAN GURU MATEMATIKA DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DI SMP NEGERI 1 PRACIMANTORO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A410030157 |
spellingShingle | L Education (General) HARTANTI, HARTANTI KESIAPAN GURU MATEMATIKA DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DI SMP NEGERI 1 PRACIMANTORO |
title | KESIAPAN GURU MATEMATIKA DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DI SMP NEGERI 1 PRACIMANTORO |
title_full | KESIAPAN GURU MATEMATIKA DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DI SMP NEGERI 1 PRACIMANTORO |
title_fullStr | KESIAPAN GURU MATEMATIKA DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DI SMP NEGERI 1 PRACIMANTORO |
title_full_unstemmed | KESIAPAN GURU MATEMATIKA DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DI SMP NEGERI 1 PRACIMANTORO |
title_short | KESIAPAN GURU MATEMATIKA DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DI SMP NEGERI 1 PRACIMANTORO |
title_sort | kesiapan guru matematika dalam implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan di smp negeri 1 pracimantoro |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/11017/ |
work_keys_str_mv | AT hartantihartanti kesiapangurumatematikadalamimplementasikurikulumtingkatsatuanpendidikandismpnegeri1pracimantoro |