ANALISIS KESALAHAN BELAJAR PADA ASPEK KOGNITIF MATA KULIAH GEOMETRI I MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN 2006

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui persentase kesalahan yang dihadapi mahasiswa dalam menyelesaikan soal Geometri 1 ditinjau dari kesalahan memahami konsep, penalaran dan komunikasi, serta pemecahan masalah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Jurusan Pendidikan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: NASRUROTUN, TITIK
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2007
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11016/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui persentase kesalahan yang dihadapi mahasiswa dalam menyelesaikan soal Geometri 1 ditinjau dari kesalahan memahami konsep, penalaran dan komunikasi, serta pemecahan masalah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika yang mengambil Mata Kuliah Geometri I, sedangkan yang menjadi subyek penelitian adalah mahasiswa yang ditentukan secara random atau acak. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes sebagai metode pokok dan metode bantunya adalah observasi dan dokumentasi. Dari hasil analisis menunjukkan adanya tipe-tipe kesalahan yaitu (1) persentase kesalahan memahami konsep sebesar 39,44% (tergolong rendah), pada umumnya mahasiswa kurang memahami konsep yang ada dalam Geometri 1, (2) persentase kesalahan penalaran dan komunikasi sebesar 58,06% (tergolong cukup) pada umumnya disebabkan kurang tepatnya mahasiswa dalam menggunakan rumus dalam Geometri 1, (3) persentase kesalahan pemecahan masalah sebesar 66,39% (tergolong tinggi), pada umumnya disebabkan mahasiswa kurang cermat dan teliti dalam menggambar maupun dalam melakukan perhitungan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kesalahan terbesar pada aspek pemecahan masalah, sehingga mahasiswa perlu memperbanyak latihan soal agar mahasiswa terbiasa dalam menggambar maupun melakukan perhitungannya.