ANALISIS KESALAHAN BELAJAR PADA ASPEK KOGNITIF MATA KULIAH GEOMETRI I MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN 2006
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui persentase kesalahan yang dihadapi mahasiswa dalam menyelesaikan soal Geometri 1 ditinjau dari kesalahan memahami konsep, penalaran dan komunikasi, serta pemecahan masalah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Jurusan Pendidikan...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2007
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11016/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui persentase kesalahan yang
dihadapi mahasiswa dalam menyelesaikan soal Geometri 1 ditinjau dari kesalahan
memahami konsep, penalaran dan komunikasi, serta pemecahan masalah.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Jurusan Pendidikan
Matematika yang mengambil Mata Kuliah Geometri I, sedangkan yang menjadi
subyek penelitian adalah mahasiswa yang ditentukan secara random atau acak.
Metode pengumpulan data menggunakan metode tes sebagai metode pokok dan
metode bantunya adalah observasi dan dokumentasi. Dari hasil analisis
menunjukkan adanya tipe-tipe kesalahan yaitu (1) persentase kesalahan
memahami konsep sebesar 39,44% (tergolong rendah), pada umumnya mahasiswa
kurang memahami konsep yang ada dalam Geometri 1, (2) persentase kesalahan
penalaran dan komunikasi sebesar 58,06% (tergolong cukup) pada umumnya
disebabkan kurang tepatnya mahasiswa dalam menggunakan rumus dalam
Geometri 1, (3) persentase kesalahan pemecahan masalah sebesar 66,39%
(tergolong tinggi), pada umumnya disebabkan mahasiswa kurang cermat dan teliti
dalam menggambar maupun dalam melakukan perhitungan. Dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa kesalahan terbesar pada aspek pemecahan masalah,
sehingga mahasiswa perlu memperbanyak latihan soal agar mahasiswa terbiasa
dalam menggambar maupun melakukan perhitungannya. |
---|