PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP N 2 Sidoharjo)
Tujuan umum penelitian ini untuk mendeskripsikan atau mengetahui proses pembelajaran matematika melalui pendekatan STAD (Student Teams Achievement Divisions) untuk meningkatkan keaktifan dan kreativitas siswa kelas VII SMP. Subyek pelaksanaan tindakan adalah peneliti yang berperan sebagai gu...
Sábháilte in:
Príomhchruthaitheoir: | |
---|---|
Formáid: | Tráchtas |
Teanga: | English English English English English English English English |
Foilsithe / Cruthaithe: |
2007
|
Ábhair: | |
Rochtain ar líne: | https://eprints.ums.ac.id/11015/ |
Clibeanna: |
Cuir clib leis
Níl clibeanna ann, Bí ar an gcéad duine le clib a chur leis an taifead seo!
|
_version_ | 1804995226583957504 |
---|---|
author | MIRNAWATI, DWI |
author_facet | MIRNAWATI, DWI |
author_sort | MIRNAWATI, DWI |
collection | ePrints |
description | Tujuan umum penelitian ini untuk mendeskripsikan atau mengetahui proses
pembelajaran matematika melalui pendekatan STAD (Student Teams
Achievement Divisions) untuk meningkatkan keaktifan dan kreativitas siswa kelas
VII SMP. Subyek pelaksanaan tindakan adalah peneliti yang berperan sebagai
guru matematika di kelasVII.E SMP Negeri 2 Sidoharjo yang berkolaborasi
dengan guru matematika kelas VII.E dan Kepala Sekolah. Data dikumpulkan
melalui observasi, test, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data secara
deskriptif kualitatif dengan Presentasi model alur. Hasil penelitian ini adalah 1)
ada peningkatan keaktifan siswa dalam bertanya mencapai 32.5%; dalam
mengemukakan ide mencapai 25%; dan dalam mengerjakan soal-soal di depan
kelas mencapai 30%. 2) ada peningkatan dalam melakukan analisis soal mencapai
20%; dalam ketepatan melakukan analisis soal mencapai 25% |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:11015 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2007 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:11015 https://eprints.ums.ac.id/11015/ PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP N 2 Sidoharjo) MIRNAWATI, DWI L Education (General) Tujuan umum penelitian ini untuk mendeskripsikan atau mengetahui proses pembelajaran matematika melalui pendekatan STAD (Student Teams Achievement Divisions) untuk meningkatkan keaktifan dan kreativitas siswa kelas VII SMP. Subyek pelaksanaan tindakan adalah peneliti yang berperan sebagai guru matematika di kelasVII.E SMP Negeri 2 Sidoharjo yang berkolaborasi dengan guru matematika kelas VII.E dan Kepala Sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi, test, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan Presentasi model alur. Hasil penelitian ini adalah 1) ada peningkatan keaktifan siswa dalam bertanya mencapai 32.5%; dalam mengemukakan ide mencapai 25%; dan dalam mengerjakan soal-soal di depan kelas mencapai 30%. 2) ada peningkatan dalam melakukan analisis soal mencapai 20%; dalam ketepatan melakukan analisis soal mencapai 25% 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11015/1/dpn.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11015/2/1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11015/3/2.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11015/5/3.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11015/8/4.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11015/10/5.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11015/17/dapus.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11015/19/lamp.pdf MIRNAWATI, DWI (2007) PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP N 2 Sidoharjo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A410030154 |
spellingShingle | L Education (General) MIRNAWATI, DWI PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP N 2 Sidoharjo) |
title | PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP N 2 Sidoharjo) |
title_full | PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP N 2 Sidoharjo) |
title_fullStr | PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP N 2 Sidoharjo) |
title_full_unstemmed | PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP N 2 Sidoharjo) |
title_short | PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP N 2 Sidoharjo) |
title_sort | peningkatan keaktifan dan kreativitas siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan stad student teams achievement divisions ptk pembelajaran matematika di kelas vii smp n 2 sidoharjo |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/11015/ |
work_keys_str_mv | AT mirnawatidwi peningkatankeaktifandankreativitassiswadalampembelajaranmatematikamelaluipendekatanstadstudentteamsachievementdivisionsptkpembelajaranmatematikadikelasviismpn2sidoharjo |