UPAYA PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) PADA SISWA SEKOLAH DASAR (PTK Pembelajaran Matematika Kelas V SD N Mojosongo V Surakarta)

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan proses pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematic Education untuk meningkatkan penguasaan konsep matematika siswa dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematic Education. Penelitian ini merupakan penelitia...

Celý popis

Uloženo v:
Podrobná bibliografie
Hlavní autor: JAYANTY, ERNA DWI
Médium: Diplomová práce
Jazyk:English
English
English
English
English
English
English
Vydáno: 2007
Témata:
On-line přístup:https://eprints.ums.ac.id/11013/
Tagy: Přidat tag
Žádné tagy, Buďte první, kdo vytvoří štítek k tomuto záznamu!
Popis
Shrnutí:Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan proses pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematic Education untuk meningkatkan penguasaan konsep matematika siswa dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematic Education. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika sebagai pelaku tindakan kelas, dan kepala sekolah sebagai subjek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri Mojosongo V Surakarta yang berjumlah 40 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, tes setiap akhir siklus, dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran, alur yang dilalui meliputi reduksi data , penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) keaktifan siswa dalam menyelesaikan soal meningkat dari 5 % menjadi 25 % pada akhir siklus, (2) kemandirian siswa dalam menyelesaikan soal meningkat dari 17,5 % menjadi 89,2%, (3) kreativitas siswa dalam mengerjakan soal meningkat dari 5 % menjadi 27,5% dan (4) penguasaan konsep siswa meningkat dari 25 % menjadi 72,9 % pada akhir tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah penguasaan konsep siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika dapat ditingkatkan melalui penerapan pendekatan Realistic Mathematic Education.