UPAYA PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) PADA SISWA SEKOLAH DASAR (PTK Pembelajaran Matematika Kelas V SD N Mojosongo V Surakarta)
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan proses pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematic Education untuk meningkatkan penguasaan konsep matematika siswa dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematic Education. Penelitian ini merupakan penelitia...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English |
Published: |
2007
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11013/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan proses pembelajaran
matematika dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematic Education
untuk meningkatkan penguasaan konsep matematika siswa dengan menggunakan
pendekatan Realistic Mathematic Education. Penelitian ini merupakan penelitian
tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika sebagai pelaku
tindakan kelas, dan kepala sekolah sebagai subjek yang membantu dalam
perencanaan dan pengumpulan data. Subjek penelitian yang dikenai tindakan
adalah siswa kelas V SD Negeri Mojosongo V Surakarta yang berjumlah 40
siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, tes setiap
akhir siklus, dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan
metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan
dikembangkan selama proses pembelajaran, alur yang dilalui meliputi reduksi
data , penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian
menyimpulkan bahwa: (1) keaktifan siswa dalam menyelesaikan soal meningkat
dari 5 % menjadi 25 % pada akhir siklus, (2) kemandirian siswa dalam
menyelesaikan soal meningkat dari 17,5 % menjadi 89,2%, (3) kreativitas siswa
dalam mengerjakan soal meningkat dari 5 % menjadi 27,5% dan (4) penguasaan
konsep siswa meningkat dari 25 % menjadi 72,9 % pada akhir tindakan.
Kesimpulan penelitian ini adalah penguasaan konsep siswa dalam menyelesaikan
soal-soal matematika dapat ditingkatkan melalui penerapan pendekatan Realistic
Mathematic Education. |
---|