EFEKTIFITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TULUNG KLATEN TAHUN AJARAN 2006/2007

Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi siswa dengan pembelajaran tutor sebaya pada siswa kelas VIII semester 2 SMP Negeri I Tulung Klaten tahun a...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SETYONINGSIH , DWI RAHAYU
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2007
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11011/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995225459884032
author SETYONINGSIH , DWI RAHAYU
author_facet SETYONINGSIH , DWI RAHAYU
author_sort SETYONINGSIH , DWI RAHAYU
collection ePrints
description Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi siswa dengan pembelajaran tutor sebaya pada siswa kelas VIII semester 2 SMP Negeri I Tulung Klaten tahun ajaran 2006/2007 yang terdiri atas 6 kelas yaitu kelas VIII A sampai kelas VIII F. Sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu kelas VIII A dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Data hasil belajar biologi diambil dengan menggunakan tes, observasi baik dengan lembar penilaian maupun catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data dari penilaian ini dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III dilengkapi dengan analisis regresi linear. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Sebelum tindakan didapat rata-rata hasil belajar siswa sebesar 5.34 dan rata–rata siklus I meningkat menjadi 6.05, rata siklus II meningkat menjadi 7.27 dan siklus III meningkat menjadi 8.15. Berdasarkan perhitungan regresi linear menunjukkan bahwa peningkatan nilai awal siswa sebesar 0.32 point atau 32%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan tutor sebaya meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIII A SMP Negeri I Tulung Klaten tahun ajaran 2006/2007 sebesar 0.32 point atau 32%.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11011
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2007
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11011 https://eprints.ums.ac.id/11011/ EFEKTIFITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TULUNG KLATEN TAHUN AJARAN 2006/2007 SETYONINGSIH , DWI RAHAYU L Education (General) Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi siswa dengan pembelajaran tutor sebaya pada siswa kelas VIII semester 2 SMP Negeri I Tulung Klaten tahun ajaran 2006/2007 yang terdiri atas 6 kelas yaitu kelas VIII A sampai kelas VIII F. Sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu kelas VIII A dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Data hasil belajar biologi diambil dengan menggunakan tes, observasi baik dengan lembar penilaian maupun catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data dari penilaian ini dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III dilengkapi dengan analisis regresi linear. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Sebelum tindakan didapat rata-rata hasil belajar siswa sebesar 5.34 dan rata–rata siklus I meningkat menjadi 6.05, rata siklus II meningkat menjadi 7.27 dan siklus III meningkat menjadi 8.15. Berdasarkan perhitungan regresi linear menunjukkan bahwa peningkatan nilai awal siswa sebesar 0.32 point atau 32%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan tutor sebaya meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIII A SMP Negeri I Tulung Klaten tahun ajaran 2006/2007 sebesar 0.32 point atau 32%. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11011/1/cvr.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11011/2/1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11011/3/2.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11011/6/3.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11011/10/4.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11011/13/5.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11011/17/dapusssssssss.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11011/18/lamp.pdf SETYONINGSIH , DWI RAHAYU (2007) EFEKTIFITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TULUNG KLATEN TAHUN AJARAN 2006/2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A420030160
spellingShingle L Education (General)
SETYONINGSIH , DWI RAHAYU
EFEKTIFITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TULUNG KLATEN TAHUN AJARAN 2006/2007
title EFEKTIFITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TULUNG KLATEN TAHUN AJARAN 2006/2007
title_full EFEKTIFITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TULUNG KLATEN TAHUN AJARAN 2006/2007
title_fullStr EFEKTIFITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TULUNG KLATEN TAHUN AJARAN 2006/2007
title_full_unstemmed EFEKTIFITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TULUNG KLATEN TAHUN AJARAN 2006/2007
title_short EFEKTIFITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TULUNG KLATEN TAHUN AJARAN 2006/2007
title_sort efektifitas pendekatan pembelajaran tutor sebaya untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas viii smp negeri 1 tulung klaten tahun ajaran 2006 2007
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/11011/
work_keys_str_mv AT setyoningsihdwirahayu efektifitaspendekatanpembelajarantutorsebayauntukmeningkatkanhasilbelajarbiologisiswakelasviiismpnegeri1tulungklatentahunajaran20062007