EFEKTIFITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TULUNG KLATEN TAHUN AJARAN 2006/2007
Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi siswa dengan pembelajaran tutor sebaya pada siswa kelas VIII semester 2 SMP Negeri I Tulung Klaten tahun a...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2007
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11011/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995225459884032 |
---|---|
author | SETYONINGSIH , DWI RAHAYU |
author_facet | SETYONINGSIH , DWI RAHAYU |
author_sort | SETYONINGSIH , DWI RAHAYU |
collection | ePrints |
description | Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan
menggunakan beberapa metode mengajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah
untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi siswa dengan pembelajaran
tutor sebaya pada siswa kelas VIII semester 2 SMP Negeri I Tulung Klaten tahun
ajaran 2006/2007 yang terdiri atas 6 kelas yaitu kelas VIII A sampai kelas VIII F.
Sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu kelas VIII A dengan teknik
pengambilan sampel purposive sampling. Data hasil belajar biologi diambil
dengan menggunakan tes, observasi baik dengan lembar penilaian maupun catatan
lapangan, dan dokumentasi. Analisis data dari penilaian ini dengan cara deskriptif
kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I
sampai siklus III dilengkapi dengan analisis regresi linear. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Sebelum tindakan didapat rata-rata hasil belajar siswa sebesar 5.34 dan rata–rata
siklus I meningkat menjadi 6.05, rata siklus II meningkat menjadi 7.27 dan siklus
III meningkat menjadi 8.15. Berdasarkan perhitungan regresi linear menunjukkan
bahwa peningkatan nilai awal siswa sebesar 0.32 point atau 32%. Berdasarkan
hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan tutor sebaya
meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIII A SMP Negeri I Tulung
Klaten tahun ajaran 2006/2007 sebesar 0.32 point atau 32%. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:11011 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2007 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:11011 https://eprints.ums.ac.id/11011/ EFEKTIFITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TULUNG KLATEN TAHUN AJARAN 2006/2007 SETYONINGSIH , DWI RAHAYU L Education (General) Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi siswa dengan pembelajaran tutor sebaya pada siswa kelas VIII semester 2 SMP Negeri I Tulung Klaten tahun ajaran 2006/2007 yang terdiri atas 6 kelas yaitu kelas VIII A sampai kelas VIII F. Sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu kelas VIII A dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Data hasil belajar biologi diambil dengan menggunakan tes, observasi baik dengan lembar penilaian maupun catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data dari penilaian ini dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III dilengkapi dengan analisis regresi linear. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Sebelum tindakan didapat rata-rata hasil belajar siswa sebesar 5.34 dan rata–rata siklus I meningkat menjadi 6.05, rata siklus II meningkat menjadi 7.27 dan siklus III meningkat menjadi 8.15. Berdasarkan perhitungan regresi linear menunjukkan bahwa peningkatan nilai awal siswa sebesar 0.32 point atau 32%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan tutor sebaya meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIII A SMP Negeri I Tulung Klaten tahun ajaran 2006/2007 sebesar 0.32 point atau 32%. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11011/1/cvr.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11011/2/1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11011/3/2.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11011/6/3.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11011/10/4.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11011/13/5.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11011/17/dapusssssssss.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11011/18/lamp.pdf SETYONINGSIH , DWI RAHAYU (2007) EFEKTIFITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TULUNG KLATEN TAHUN AJARAN 2006/2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A420030160 |
spellingShingle | L Education (General) SETYONINGSIH , DWI RAHAYU EFEKTIFITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TULUNG KLATEN TAHUN AJARAN 2006/2007 |
title | EFEKTIFITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TULUNG KLATEN TAHUN AJARAN 2006/2007 |
title_full | EFEKTIFITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TULUNG KLATEN TAHUN AJARAN 2006/2007 |
title_fullStr | EFEKTIFITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TULUNG KLATEN TAHUN AJARAN 2006/2007 |
title_full_unstemmed | EFEKTIFITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TULUNG KLATEN TAHUN AJARAN 2006/2007 |
title_short | EFEKTIFITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TULUNG KLATEN TAHUN AJARAN 2006/2007 |
title_sort | efektifitas pendekatan pembelajaran tutor sebaya untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas viii smp negeri 1 tulung klaten tahun ajaran 2006 2007 |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/11011/ |
work_keys_str_mv | AT setyoningsihdwirahayu efektifitaspendekatanpembelajarantutorsebayauntukmeningkatkanhasilbelajarbiologisiswakelasviiismpnegeri1tulungklatentahunajaran20062007 |