ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PRODUK INDOMIE DI SOLO GRANDMALL SUPERMARKET SURAKARTA

Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah terdapat pengaruh antara harga, kualitas produk dan promosi secara individual dan bersama-sama terhadap keputusan pembelian konsumen produk indomie pada Solo Grandmall Supermarket Surakarta? 2) Faktor manakah yang mempunyai pengaruh paling...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ASTUTI, DWI ANDRI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
Published: 2007
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11005/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995224349442048
author ASTUTI, DWI ANDRI
author_facet ASTUTI, DWI ANDRI
author_sort ASTUTI, DWI ANDRI
collection ePrints
description Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah terdapat pengaruh antara harga, kualitas produk dan promosi secara individual dan bersama-sama terhadap keputusan pembelian konsumen produk indomie pada Solo Grandmall Supermarket Surakarta? 2) Faktor manakah yang mempunyai pengaruh paling besar terhadap keputusan pembelian konsumen produk Indomie pada Solo Grandmall Supermarket Surakarta? Dalam penelitian ini populasi adalah semua konsumen indomie yang sedang berbelanja di Solo Grandmall Supermarket Surakarta. Sampel penelitian sebanyak 100 responden dengan teknik convenience sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa: 1) Pernyataan hipotesis bahwa ada pengaruh yang signifikan antara harga, kualitas produk, promosi secara individual maupun bersama-sama terhadap keputusan pembelian konsumen produk Indomie di Grandmall Supermarket Surakarta terbukti, hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien regresi sebesar X1 = 0,293, X2 = 0,321, X3 = 0,293 dan didukung hasil nilai thitung sebesar variabel harga (X1) sebesar 3,839, kualitas produk (X2) sebesar 3,304, promosi (X3) sebesar 2,835 dimana semua nilai thitung > ttabel; selain itu diperoleh nilai Fhitung > Ftabel (80,433 > 2,68); 2) Pernyataan hipotesis yang menyatakan bahwa harga merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen produk Indomie pada Grandmall Supermarket Surakarta terbukti, hal ini dibuktikan dengan nilai thitung yang terbesar dari ketiga variabel tersebut adalah variabel harga yaitu sebesar 3,839; sedangkan nilai Adjusted R Square sebesar 0,734 atau 73,4%. Hal ini berarti bahwa pengaruh variabel harga, kualitas produk dan promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen adalah sebesar 73,4% sedangkan sisanya sebesar 26,6% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11005
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
publishDate 2007
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11005 https://eprints.ums.ac.id/11005/ ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PRODUK INDOMIE DI SOLO GRANDMALL SUPERMARKET SURAKARTA ASTUTI, DWI ANDRI HD28 Management Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah terdapat pengaruh antara harga, kualitas produk dan promosi secara individual dan bersama-sama terhadap keputusan pembelian konsumen produk indomie pada Solo Grandmall Supermarket Surakarta? 2) Faktor manakah yang mempunyai pengaruh paling besar terhadap keputusan pembelian konsumen produk Indomie pada Solo Grandmall Supermarket Surakarta? Dalam penelitian ini populasi adalah semua konsumen indomie yang sedang berbelanja di Solo Grandmall Supermarket Surakarta. Sampel penelitian sebanyak 100 responden dengan teknik convenience sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa: 1) Pernyataan hipotesis bahwa ada pengaruh yang signifikan antara harga, kualitas produk, promosi secara individual maupun bersama-sama terhadap keputusan pembelian konsumen produk Indomie di Grandmall Supermarket Surakarta terbukti, hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien regresi sebesar X1 = 0,293, X2 = 0,321, X3 = 0,293 dan didukung hasil nilai thitung sebesar variabel harga (X1) sebesar 3,839, kualitas produk (X2) sebesar 3,304, promosi (X3) sebesar 2,835 dimana semua nilai thitung > ttabel; selain itu diperoleh nilai Fhitung > Ftabel (80,433 > 2,68); 2) Pernyataan hipotesis yang menyatakan bahwa harga merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen produk Indomie pada Grandmall Supermarket Surakarta terbukti, hal ini dibuktikan dengan nilai thitung yang terbesar dari ketiga variabel tersebut adalah variabel harga yaitu sebesar 3,839; sedangkan nilai Adjusted R Square sebesar 0,734 atau 73,4%. Hal ini berarti bahwa pengaruh variabel harga, kualitas produk dan promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen adalah sebesar 73,4% sedangkan sisanya sebesar 26,6% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11005/1/COVER.PDF application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11005/3/Bab1%2BDafpus.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11005/6/SKRIPSI.PDF application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11005/8/Lampiran.PDF ASTUTI, DWI ANDRI (2007) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PRODUK INDOMIE DI SOLO GRANDMALL SUPERMARKET SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. B100030181
spellingShingle HD28 Management
ASTUTI, DWI ANDRI
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PRODUK INDOMIE DI SOLO GRANDMALL SUPERMARKET SURAKARTA
title ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PRODUK INDOMIE DI SOLO GRANDMALL SUPERMARKET SURAKARTA
title_full ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PRODUK INDOMIE DI SOLO GRANDMALL SUPERMARKET SURAKARTA
title_fullStr ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PRODUK INDOMIE DI SOLO GRANDMALL SUPERMARKET SURAKARTA
title_full_unstemmed ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PRODUK INDOMIE DI SOLO GRANDMALL SUPERMARKET SURAKARTA
title_short ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PRODUK INDOMIE DI SOLO GRANDMALL SUPERMARKET SURAKARTA
title_sort analisis faktor faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen produk indomie di solo grandmall supermarket surakarta
topic HD28 Management
url https://eprints.ums.ac.id/11005/
work_keys_str_mv AT astutidwiandri analisisfaktorfaktoryangmempengaruhikeputusanpembeliankonsumenprodukindomiedisolograndmallsupermarketsurakarta