PERBANDINGAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL BERBASIS PORTOFOLIO DENGAN METODE CERAMAH TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SEMESTER GENAP SMP NEGERI I TANON TAHUN AJARAN 2006/2007
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar biologi siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis portofolio dan menggunakan metode ceramah. Serta untuk mengetahui seberapa besar perbedaan hasil belajar biologi siswa yang menggunakan model pembelaja...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English |
Published: |
2007
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11004/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995224069472256 |
---|---|
author | Fitriana , Yuli |
author_facet | Fitriana , Yuli |
author_sort | Fitriana , Yuli |
collection | ePrints |
description | Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada
perbedaan hasil belajar biologi siswa yang menggunakan model pembelajaran
berbasis portofolio dan menggunakan metode ceramah. Serta untuk mengetahui
seberapa besar perbedaan hasil belajar biologi siswa yang menggunakan model
pembelajaran berbasis portofolio dan metode ceramah pada siswa kelas VIII SMP
N 1 Tanon Tahun ajaran 2006/2007. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa
kelas VIII semester II SMP N I Tanon tahun ajaran 2006/2007 yang terdiri dari 5
kelas yaitu kelas VIII A sampai VIII E. Sampel yang digunakan dalam penelitian
ini adalah 2 kelas, yaitu kelas VIII A dan VIII C dengan jumlah siswa masingmasing
kelas sebanyak 40 siswa. Cara pengambilan sampel dengan menggunakan
Cluster random sampling. Data dianalisis dengan menggunakan uji t-tes. Hasil
analisis data menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar biologi yang
menggunakan model pembelajaran berbasis portofolio dengan metode ceramah
pada siswa kelas VIII SMP N 1 Tanon dengan nilai rata-rata pada model
pembelajarn berbasis portofolio sebesar 72,1, sedangkan metode ceramah sebesar
61,6, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa model pembelajaran portofolio
meningkatkan hasil belajar yang lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran
metode ceramah.
|
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:11004 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English |
publishDate | 2007 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:11004 https://eprints.ums.ac.id/11004/ PERBANDINGAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL BERBASIS PORTOFOLIO DENGAN METODE CERAMAH TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SEMESTER GENAP SMP NEGERI I TANON TAHUN AJARAN 2006/2007 Fitriana , Yuli LB1603 Secondary Education. Middle Schools Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar biologi siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis portofolio dan menggunakan metode ceramah. Serta untuk mengetahui seberapa besar perbedaan hasil belajar biologi siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis portofolio dan metode ceramah pada siswa kelas VIII SMP N 1 Tanon Tahun ajaran 2006/2007. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester II SMP N I Tanon tahun ajaran 2006/2007 yang terdiri dari 5 kelas yaitu kelas VIII A sampai VIII E. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 2 kelas, yaitu kelas VIII A dan VIII C dengan jumlah siswa masingmasing kelas sebanyak 40 siswa. Cara pengambilan sampel dengan menggunakan Cluster random sampling. Data dianalisis dengan menggunakan uji t-tes. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar biologi yang menggunakan model pembelajaran berbasis portofolio dengan metode ceramah pada siswa kelas VIII SMP N 1 Tanon dengan nilai rata-rata pada model pembelajarn berbasis portofolio sebesar 72,1, sedangkan metode ceramah sebesar 61,6, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa model pembelajaran portofolio meningkatkan hasil belajar yang lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran metode ceramah. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11004/1/Bab_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11004/2/Bab_2_dan_3.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11004/6/Bab_4_dan_5.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11004/9/Dapus.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11004/12/Hal_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11004/17/Lampiran.pdf Fitriana , Yuli (2007) PERBANDINGAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL BERBASIS PORTOFOLIO DENGAN METODE CERAMAH TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SEMESTER GENAP SMP NEGERI I TANON TAHUN AJARAN 2006/2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A420030167 |
spellingShingle | LB1603 Secondary Education. Middle Schools Fitriana , Yuli PERBANDINGAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL BERBASIS PORTOFOLIO DENGAN METODE CERAMAH TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SEMESTER GENAP SMP NEGERI I TANON TAHUN AJARAN 2006/2007 |
title | PERBANDINGAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL
BERBASIS PORTOFOLIO DENGAN METODE CERAMAH
TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII
SEMESTER GENAP SMP NEGERI I TANON
TAHUN AJARAN 2006/2007 |
title_full | PERBANDINGAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL
BERBASIS PORTOFOLIO DENGAN METODE CERAMAH
TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII
SEMESTER GENAP SMP NEGERI I TANON
TAHUN AJARAN 2006/2007 |
title_fullStr | PERBANDINGAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL
BERBASIS PORTOFOLIO DENGAN METODE CERAMAH
TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII
SEMESTER GENAP SMP NEGERI I TANON
TAHUN AJARAN 2006/2007 |
title_full_unstemmed | PERBANDINGAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL
BERBASIS PORTOFOLIO DENGAN METODE CERAMAH
TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII
SEMESTER GENAP SMP NEGERI I TANON
TAHUN AJARAN 2006/2007 |
title_short | PERBANDINGAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL
BERBASIS PORTOFOLIO DENGAN METODE CERAMAH
TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII
SEMESTER GENAP SMP NEGERI I TANON
TAHUN AJARAN 2006/2007 |
title_sort | perbandingan pembelajaran menggunakan model berbasis portofolio dengan metode ceramah terhadap hasil belajar biologi siswa kelas viii semester genap smp negeri i tanon tahun ajaran 2006 2007 |
topic | LB1603 Secondary Education. Middle Schools |
url | https://eprints.ums.ac.id/11004/ |
work_keys_str_mv | AT fitrianayuli perbandinganpembelajaranmenggunakanmodelberbasisportofoliodenganmetodeceramahterhadaphasilbelajarbiologisiswakelasviiisemestergenapsmpnegeriitanontahunajaran20062007 |