PERBANDINGAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL BERBASIS PORTOFOLIO DENGAN METODE CERAMAH TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SEMESTER GENAP SMP NEGERI I TANON TAHUN AJARAN 2006/2007

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar biologi siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis portofolio dan menggunakan metode ceramah. Serta untuk mengetahui seberapa besar perbedaan hasil belajar biologi siswa yang menggunakan model pembelaja...

全面介紹

Saved in:
書目詳細資料
主要作者: Fitriana , Yuli
格式: Thesis
語言:English
English
English
English
English
English
出版: 2007
主題:
在線閱讀:https://eprints.ums.ac.id/11004/
標簽: 添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
實物特徵
總結:Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar biologi siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis portofolio dan menggunakan metode ceramah. Serta untuk mengetahui seberapa besar perbedaan hasil belajar biologi siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis portofolio dan metode ceramah pada siswa kelas VIII SMP N 1 Tanon Tahun ajaran 2006/2007. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester II SMP N I Tanon tahun ajaran 2006/2007 yang terdiri dari 5 kelas yaitu kelas VIII A sampai VIII E. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 2 kelas, yaitu kelas VIII A dan VIII C dengan jumlah siswa masingmasing kelas sebanyak 40 siswa. Cara pengambilan sampel dengan menggunakan Cluster random sampling. Data dianalisis dengan menggunakan uji t-tes. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar biologi yang menggunakan model pembelajaran berbasis portofolio dengan metode ceramah pada siswa kelas VIII SMP N 1 Tanon dengan nilai rata-rata pada model pembelajarn berbasis portofolio sebesar 72,1, sedangkan metode ceramah sebesar 61,6, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa model pembelajaran portofolio meningkatkan hasil belajar yang lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran metode ceramah.