PERBANDINGAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL BERBASIS PORTOFOLIO DENGAN METODE CERAMAH TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SEMESTER GENAP SMP NEGERI I TANON TAHUN AJARAN 2006/2007

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar biologi siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis portofolio dan menggunakan metode ceramah. Serta untuk mengetahui seberapa besar perbedaan hasil belajar biologi siswa yang menggunakan model pembelaja...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Fitriana , Yuli
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
Published: 2007
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11004/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar biologi siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis portofolio dan menggunakan metode ceramah. Serta untuk mengetahui seberapa besar perbedaan hasil belajar biologi siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis portofolio dan metode ceramah pada siswa kelas VIII SMP N 1 Tanon Tahun ajaran 2006/2007. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester II SMP N I Tanon tahun ajaran 2006/2007 yang terdiri dari 5 kelas yaitu kelas VIII A sampai VIII E. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 2 kelas, yaitu kelas VIII A dan VIII C dengan jumlah siswa masingmasing kelas sebanyak 40 siswa. Cara pengambilan sampel dengan menggunakan Cluster random sampling. Data dianalisis dengan menggunakan uji t-tes. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar biologi yang menggunakan model pembelajaran berbasis portofolio dengan metode ceramah pada siswa kelas VIII SMP N 1 Tanon dengan nilai rata-rata pada model pembelajarn berbasis portofolio sebesar 72,1, sedangkan metode ceramah sebesar 61,6, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa model pembelajaran portofolio meningkatkan hasil belajar yang lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran metode ceramah.