PERBANDINGAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL BERBASIS PORTOFOLIO DENGAN METODE CERAMAH TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SEMESTER GENAP SMP NEGERI I TANON TAHUN AJARAN 2006/2007
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar biologi siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis portofolio dan menggunakan metode ceramah. Serta untuk mengetahui seberapa besar perbedaan hasil belajar biologi siswa yang menggunakan model pembelaja...
Spremljeno u:
Glavni autor: | |
---|---|
Format: | Disertacija |
Jezik: | English English English English English English |
Izdano: |
2007
|
Teme: | |
Online pristup: | https://eprints.ums.ac.id/11004/ |
Oznake: |
Dodaj oznaku
Bez oznaka, Budi prvi tko označuje ovaj zapis!
|
Sažetak: | Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada
perbedaan hasil belajar biologi siswa yang menggunakan model pembelajaran
berbasis portofolio dan menggunakan metode ceramah. Serta untuk mengetahui
seberapa besar perbedaan hasil belajar biologi siswa yang menggunakan model
pembelajaran berbasis portofolio dan metode ceramah pada siswa kelas VIII SMP
N 1 Tanon Tahun ajaran 2006/2007. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa
kelas VIII semester II SMP N I Tanon tahun ajaran 2006/2007 yang terdiri dari 5
kelas yaitu kelas VIII A sampai VIII E. Sampel yang digunakan dalam penelitian
ini adalah 2 kelas, yaitu kelas VIII A dan VIII C dengan jumlah siswa masingmasing
kelas sebanyak 40 siswa. Cara pengambilan sampel dengan menggunakan
Cluster random sampling. Data dianalisis dengan menggunakan uji t-tes. Hasil
analisis data menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar biologi yang
menggunakan model pembelajaran berbasis portofolio dengan metode ceramah
pada siswa kelas VIII SMP N 1 Tanon dengan nilai rata-rata pada model
pembelajarn berbasis portofolio sebesar 72,1, sedangkan metode ceramah sebesar
61,6, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa model pembelajaran portofolio
meningkatkan hasil belajar yang lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran
metode ceramah.
|
---|