MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER II SMP MUHAMMADIYAH 8 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2006/2007

Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan pembelajaran Learning Starts With A Question (LSQ) pada siswa kelas VIII B semester II SMP Muhammadi...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SUSANTI , SUSANTI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2007
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/10985/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995218699714560
author SUSANTI , SUSANTI
author_facet SUSANTI , SUSANTI
author_sort SUSANTI , SUSANTI
collection ePrints
description Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan pembelajaran Learning Starts With A Question (LSQ) pada siswa kelas VIII B semester II SMP Muhammadiyah 8 Surakarta tahun ajaran 2006/2007. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Muhammadiyah 8 Surakarta kelas VIII semester II tahun ajaran 2006/2007 yang terdiri dari 4 kelas yaitu kelas VIII A, VIII B, VIII C dan VIII D. Sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu kelas VIII B dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling yaitu pengambilan sampel berdasarkan atas ciri -ciri tertentu yang dipandang mempunyai sangkut paut yang erat dengan ciri -ciri populasi yang sudah diketahui sebelumnya, atau dengan kata lain unit sampel disesuaikan dengan kriteria-kriteria tertentu yang ditetapkan berdasarkan tujuan penelitian, yaitu berdasarkan masalah -masalah yang ditemukan pada saat observasi ketika pembelajaran berlangsung dikelas. Data hasil belajar Biologi diambil dengan menggunakan tes, observasi baik dengan lembar penilaian maupun catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data dari penelitian ini dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III dilengkapi dengan analisis regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Sebelum tindakan didapat rata-rata hasil belajar siswa sebesar 5,69 dan rata-rata pada siklus I meningkat menjadi 6,86, rata-rata siklus II meningkat menjadi 7,27 dan siklus III meningkat menjadi 7,45. Berdasarkan perhitungan regresi linier menunjukkan bahwa setelah penerapan strategi LSQ pada pembelajaran berpengaruh positif terhadap peningkatan nilai awal siswa sebesar 0,24 point atau 24%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan LSQ meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas VIII B SMP Muhammadiyah 8 Surakarta tahun ajaran 2006/2007 sebesar 0,24 point atau 24%.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:10985
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2007
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:10985 https://eprints.ums.ac.id/10985/ MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER II SMP MUHAMMADIYAH 8 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2006/2007 SUSANTI , SUSANTI L Education (General) Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan pembelajaran Learning Starts With A Question (LSQ) pada siswa kelas VIII B semester II SMP Muhammadiyah 8 Surakarta tahun ajaran 2006/2007. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Muhammadiyah 8 Surakarta kelas VIII semester II tahun ajaran 2006/2007 yang terdiri dari 4 kelas yaitu kelas VIII A, VIII B, VIII C dan VIII D. Sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu kelas VIII B dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling yaitu pengambilan sampel berdasarkan atas ciri -ciri tertentu yang dipandang mempunyai sangkut paut yang erat dengan ciri -ciri populasi yang sudah diketahui sebelumnya, atau dengan kata lain unit sampel disesuaikan dengan kriteria-kriteria tertentu yang ditetapkan berdasarkan tujuan penelitian, yaitu berdasarkan masalah -masalah yang ditemukan pada saat observasi ketika pembelajaran berlangsung dikelas. Data hasil belajar Biologi diambil dengan menggunakan tes, observasi baik dengan lembar penilaian maupun catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data dari penelitian ini dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III dilengkapi dengan analisis regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Sebelum tindakan didapat rata-rata hasil belajar siswa sebesar 5,69 dan rata-rata pada siklus I meningkat menjadi 6,86, rata-rata siklus II meningkat menjadi 7,27 dan siklus III meningkat menjadi 7,45. Berdasarkan perhitungan regresi linier menunjukkan bahwa setelah penerapan strategi LSQ pada pembelajaran berpengaruh positif terhadap peningkatan nilai awal siswa sebesar 0,24 point atau 24%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan LSQ meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas VIII B SMP Muhammadiyah 8 Surakarta tahun ajaran 2006/2007 sebesar 0,24 point atau 24%. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10985/1/COVER_.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10985/3/1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10985/4/2.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10985/6/3.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10985/9/4.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10985/11/dapus.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10985/13/lamp.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10985/16/lamp3.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10985/22/lamp_2.pdf SUSANTI , SUSANTI (2007) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER II SMP MUHAMMADIYAH 8 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2006/2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A420030142
spellingShingle L Education (General)
SUSANTI , SUSANTI
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER II SMP MUHAMMADIYAH 8 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2006/2007
title MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER II SMP MUHAMMADIYAH 8 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2006/2007
title_full MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER II SMP MUHAMMADIYAH 8 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2006/2007
title_fullStr MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER II SMP MUHAMMADIYAH 8 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2006/2007
title_full_unstemmed MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER II SMP MUHAMMADIYAH 8 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2006/2007
title_short MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER II SMP MUHAMMADIYAH 8 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2006/2007
title_sort meningkatkan hasil belajar siswa dengan pembelajaran learning starts with a question pada siswa kelas viii semester ii smp muhammadiyah 8 surakarta tahun ajaran 2006 2007
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/10985/
work_keys_str_mv AT susantisusanti meningkatkanhasilbelajarsiswadenganpembelajaranlearningstartswithaquestionpadasiswakelasviiisemesteriismpmuhammadiyah8surakartatahunajaran20062007