MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER II SMP MUHAMMADIYAH 8 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2006/2007
Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan pembelajaran Learning Starts With A Question (LSQ) pada siswa kelas VIII B semester II SMP Muhammadi...
Uloženo v:
Hlavní autor: | |
---|---|
Médium: | Diplomová práce |
Jazyk: | English English English English English English English English English |
Vydáno: |
2007
|
Témata: | |
On-line přístup: | https://eprints.ums.ac.id/10985/ |
Tagy: |
Přidat tag
Žádné tagy, Buďte první, kdo vytvoří štítek k tomuto záznamu!
|
Shrnutí: | Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan
menggunakan beberapa metode mengajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah
untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan pembelajaran Learning
Starts With A Question (LSQ) pada siswa kelas VIII B semester II SMP
Muhammadiyah 8 Surakarta tahun ajaran 2006/2007. Populasi dalam penelitian
ini adalah siswa SMP Muhammadiyah 8 Surakarta kelas VIII semester II tahun
ajaran 2006/2007 yang terdiri dari 4 kelas yaitu kelas VIII A, VIII B, VIII C dan
VIII D. Sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu kelas VIII B dengan
teknik pengambilan sampel purposive sampling yaitu pengambilan sampel
berdasarkan atas ciri -ciri tertentu yang dipandang mempunyai sangkut paut yang
erat dengan ciri -ciri populasi yang sudah diketahui sebelumnya, atau dengan kata
lain unit sampel disesuaikan dengan kriteria-kriteria tertentu yang ditetapkan
berdasarkan tujuan penelitian, yaitu berdasarkan masalah -masalah yang
ditemukan pada saat observasi ketika pembelajaran berlangsung dikelas. Data
hasil belajar Biologi diambil dengan menggunakan tes, observasi baik dengan
lembar penilaian maupun catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data dari
penelitian ini dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis
data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III dilengkapi dengan analisis
regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas
dan hasil belajar siswa. Sebelum tindakan didapat rata-rata hasil belajar siswa
sebesar 5,69 dan rata-rata pada siklus I meningkat menjadi 6,86, rata-rata siklus II
meningkat menjadi 7,27 dan siklus III meningkat menjadi 7,45. Berdasarkan
perhitungan regresi linier menunjukkan bahwa setelah penerapan strategi LSQ
pada pembelajaran berpengaruh positif terhadap peningkatan nilai awal siswa
sebesar 0,24 point atau 24%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan
bahwa pembelajaran dengan LSQ meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas
VIII B SMP Muhammadiyah 8 Surakarta tahun ajaran 2006/2007 sebesar 0,24
point atau 24%. |
---|