PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN PEMBELAJARAN AKTIF TEAM QUIZ PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI I TANON SRAGEN TAHUN AJARAN 2006/2007

Strategi pembelajaran aktif merupakan salah satu cara meningkatkan hasil belajar yang optimal.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan pembelajaran aktif team quiz untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIID di SMP Negeri 1 Tanon Sragen tahun ajaran 2006/2007. Populasi peneli...

Descrición completa

Gardado en:
Detalles Bibliográficos
Autor Principal: SAYUTI , PENI
Formato: Thesis
Idioma:English
English
English
English
English
English
Publicado: 2007
Subjects:
Acceso en liña:https://eprints.ums.ac.id/10979/
Tags: Engadir etiqueta
Sen Etiquetas, Sexa o primeiro en etiquetar este rexistro!
Descripción
Summary:Strategi pembelajaran aktif merupakan salah satu cara meningkatkan hasil belajar yang optimal.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan pembelajaran aktif team quiz untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIID di SMP Negeri 1 Tanon Sragen tahun ajaran 2006/2007. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tanon. Sampel yang digunakan adalah VIIID diambil menggunakan purposive sampling yaitu pengambilan sampel berdasarkan atas ciri-ciri siswa kurang memperhatikan dalam pembelajaran, ramai saat pembelajaran, banyak siswa yang pasif, hasil belajar biologi yang rendah. Strategi pembelajaran aktif yang digunakan adalah team quiz. Data hasil belajar biologi diambil dengan menggunakan tes, observasi baik dengan lembar penilaian maupun catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisi data dari penelitian ini dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III dilengkapi dengan analisis regresi linier. Hasil penilaian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Sebelum tindakan didapat rata-rata hasil belajar siswa sebesar 5,6 dan rata-rata pada siklus I meningkat menjadi 6,6, rata-rata siklus II meningkat menjadi 7,16 dan siklus III meningkat menjadi 7,98. Berdasarkan perhitungan regresi linier menunjukkan bahwa setelah penerapan team quiz pada pembelajaran berpengaruh positif terhadap peningkatan nilai awal siswa sebesar 33%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan Team Quiz meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Tanon Sragen tahun 2006/2007 sebesar 0,33 point atau 33%.