PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN PEMBELAJARAN AKTIF TEAM QUIZ PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI I TANON SRAGEN TAHUN AJARAN 2006/2007
Strategi pembelajaran aktif merupakan salah satu cara meningkatkan hasil belajar yang optimal.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan pembelajaran aktif team quiz untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIID di SMP Negeri 1 Tanon Sragen tahun ajaran 2006/2007. Populasi peneli...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English |
Published: |
2007
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/10979/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Strategi pembelajaran aktif merupakan salah satu cara meningkatkan hasil
belajar yang optimal.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan
pembelajaran aktif team quiz untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIID
di SMP Negeri 1 Tanon Sragen tahun ajaran 2006/2007. Populasi penelitian
adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tanon. Sampel yang digunakan
adalah VIIID diambil menggunakan purposive sampling yaitu pengambilan
sampel berdasarkan atas ciri-ciri siswa kurang memperhatikan dalam
pembelajaran, ramai saat pembelajaran, banyak siswa yang pasif, hasil belajar
biologi yang rendah. Strategi pembelajaran aktif yang digunakan adalah team
quiz. Data hasil belajar biologi diambil dengan menggunakan tes, observasi baik
dengan lembar penilaian maupun catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisi data
dari penelitian ini dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis
data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III dilengkapi dengan analisis
regresi linier. Hasil penilaian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas
dan hasil belajar siswa. Sebelum tindakan didapat rata-rata hasil belajar siswa
sebesar 5,6 dan rata-rata pada siklus I meningkat menjadi 6,6, rata-rata siklus II
meningkat menjadi 7,16 dan siklus III meningkat menjadi 7,98. Berdasarkan
perhitungan regresi linier menunjukkan bahwa setelah penerapan team quiz pada
pembelajaran berpengaruh positif terhadap peningkatan nilai awal siswa sebesar
33%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan
Team Quiz meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIII D SMP Negeri 1
Tanon Sragen tahun 2006/2007 sebesar 0,33 point atau 33%. |
---|