IDENTIFIKASI STANDAR KOMPETENSI GURU MATA PELAJARAN BIOLOGI SMP SE-KECAMATAN KEBAKKRAMAT KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2006 / 2007
Kualitas pendidikan dipengaruhi oleh kualitas guru yang dapat dilihat dari hasil pencapaian standar kompetensi guru yang dikuasai oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui standar kompetensi guru mata pelajaran Biologi SMP se-Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar tah...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English |
Published: |
2007
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/10974/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Kualitas pendidikan dipengaruhi oleh kualitas guru yang dapat dilihat
dari hasil pencapaian standar kompetensi guru yang dikuasai oleh guru. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui standar kompetensi guru mata pelajaran Biologi
SMP se-Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2006 /
2007. Penelitian ini dilaksanakan di SMP se-Kecamatan Kebakkramat Kabupaten
Karanganyar Tahun pelajaran 2006/ 2007. Sampel diambil dari populasi sebanyak
9 orang guru yaitu 1 guru dari SMP N 1 Kebakkramat, 2 guru dari SMP N 2
Kebakkramat, 3 guru dari SMP N 3 Kebakkramat, 1 guru dari SMP
Muhammadiyah 8 Kebakkramat, dan 2 guru dari SMP PGRI 8 Kebakkramat.
Data dikumpulkan dengan angket. Analisis data menggunakan deskriptif
kualitatif. Hasil penelitian skor rata-rata standar kompetensi guru mata pelajaran
Biologi SMP se-Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar tahun
pelajaran 2006 / 2007 terhadap; 1) Penguasaan bidang studi berkategori baik
(3,47); 2) Pemahaman tentang peserta didik berkategori baik(3, 56); 3)
Penguasaan pembelajaran yang mendidik berkategori baik (3, 42); dan 4)
Pengembangan kepribadian dan keprofesionalan berkategori baik (3, 51). Standar
kompetensi guru yang dapat dicapai oleh guru dipengaruhi oleh sikap dan tingkah
laku dalam menguasai penguasaan materi bahan ajar, pengelolaan proses belajar
mengajar dan siswa serta latar belakang pendidikan guru. Dari hasil yang
diperoleh guru hendaknya meningkatkan setiap aspek standar kompetensi guru,
menerapkan setiap aspek standar kompetensi guru yang telah dikuasai saat proses
belajar mengajar kepada siswa, Kepala Sekolah selalu memotivasi guru untuk
meningkatkan kompetensi guru, selain evaluasi dari segi standar kompetensi guru,
ada evaluasi dari segi kemampuan siswa, dan ada penelitian semacam ini selain
mata pelajaran Biologi
|
---|