IDENTIFIKASI STANDAR KOMPETENSI GURU MATA PELAJARAN BIOLOGI SMP SE-KECAMATAN KEBAKKRAMAT KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2006 / 2007

Kualitas pendidikan dipengaruhi oleh kualitas guru yang dapat dilihat dari hasil pencapaian standar kompetensi guru yang dikuasai oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui standar kompetensi guru mata pelajaran Biologi SMP se-Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar tah...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: LESTARI , SRI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
Published: 2007
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/10974/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Kualitas pendidikan dipengaruhi oleh kualitas guru yang dapat dilihat dari hasil pencapaian standar kompetensi guru yang dikuasai oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui standar kompetensi guru mata pelajaran Biologi SMP se-Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2006 / 2007. Penelitian ini dilaksanakan di SMP se-Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar Tahun pelajaran 2006/ 2007. Sampel diambil dari populasi sebanyak 9 orang guru yaitu 1 guru dari SMP N 1 Kebakkramat, 2 guru dari SMP N 2 Kebakkramat, 3 guru dari SMP N 3 Kebakkramat, 1 guru dari SMP Muhammadiyah 8 Kebakkramat, dan 2 guru dari SMP PGRI 8 Kebakkramat. Data dikumpulkan dengan angket. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian skor rata-rata standar kompetensi guru mata pelajaran Biologi SMP se-Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2006 / 2007 terhadap; 1) Penguasaan bidang studi berkategori baik (3,47); 2) Pemahaman tentang peserta didik berkategori baik(3, 56); 3) Penguasaan pembelajaran yang mendidik berkategori baik (3, 42); dan 4) Pengembangan kepribadian dan keprofesionalan berkategori baik (3, 51). Standar kompetensi guru yang dapat dicapai oleh guru dipengaruhi oleh sikap dan tingkah laku dalam menguasai penguasaan materi bahan ajar, pengelolaan proses belajar mengajar dan siswa serta latar belakang pendidikan guru. Dari hasil yang diperoleh guru hendaknya meningkatkan setiap aspek standar kompetensi guru, menerapkan setiap aspek standar kompetensi guru yang telah dikuasai saat proses belajar mengajar kepada siswa, Kepala Sekolah selalu memotivasi guru untuk meningkatkan kompetensi guru, selain evaluasi dari segi standar kompetensi guru, ada evaluasi dari segi kemampuan siswa, dan ada penelitian semacam ini selain mata pelajaran Biologi