EFEKTIVITAS METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 BAYAT KLATEN TAHUN AJARAN 2006/2007
Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas metode role playing dalam meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIII semester II SMP Negeri 3 Bayat Klaten tahun ajaran 200...
Guardat en:
Autor principal: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Idioma: | English English English English English |
Publicat: |
2007
|
Matèries: | |
Accés en línia: | https://eprints.ums.ac.id/10971/ |
Etiquetes: |
Afegir etiqueta
Sense etiquetes, Sigues el primer a etiquetar aquest registre!
|
Sumari: | Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan
menggunakan beberapa metode mengajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk
mengetahui efektivitas metode role playing dalam meningkatkan hasil belajar biologi
siswa kelas VIII semester II SMP Negeri 3 Bayat Klaten tahun ajaran 2006/2007.
Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas VIII SMP Negeri 3 Bayat Klaten
sebagai subjek pemberi tindakan, kepala sekolah sebagai subjek pembantu,
perencanaan dan pengumpulan data penilaian, serta siswa kelas VIIIA yag berjumlah
41 siswa sebagai subjek penerimaan tindakan. Data hasil belajar biologi diambil
dengan menggunakan tes, observasi baik dengan lembar penilaian maupun catatan
lapangan, dokumentasi dan wawancara. Analisis data dari penilaian ini dengan cara
deskriptif kualitatifdengan metode alur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi
peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Sebelum tindakan didapat rata-rata
pada siklus I aspek kognitif meningkat menjadi 6,51 dan aspek afektif 30,12 rsts-rsts
ini termasuk dalam kategori cukup berminat, rata-rata siklus II aspek kognitif
meningkat menjadi 7,0 dan aspek afektif 36,73 walaupun masih termasuk dalam
kategori cukup berminat dan siklus III aspek kognitif meningkat menjadi 7,46
sedangkan aspek afektif 46,19 rata-rata ini termasuk dalam kategori berminat.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode role playing efektif
meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Bayat Klaten
tahun ajaran 2006/2007.
|
---|