EFEKTIFITAS ROLEPLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP NEGER I2 WIRADESA PEKALONGAN TAHUN AJARAN 2006/2007

Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas roleplaying dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Wiradesa Pekalongan Tahun Aj...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: NURLENA, NURLENA
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
Published: 2007
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/10970/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995214504361984
author NURLENA, NURLENA
author_facet NURLENA, NURLENA
author_sort NURLENA, NURLENA
collection ePrints
description Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas roleplaying dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Wiradesa Pekalongan Tahun Ajaran 2006/2007.Teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah dengan cara mengumpulkan data dari setiap akhir pertemuan yaitu dari aspek kognitif, psikomotorik, dan afektif selama proses pembelajaran. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Wiradesa Pekalongan Tahun Ajaran 2006/2007 sebanyak 5 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah satu kelas yaitu kelas VIII C.Sampel penelitian menggunakan tehnik purposive sampling yaitu pengambilan sampel yang didasarkan atas ciri-ciri yaitu siswa kurang termotivasi untuk belajar, banyak siswa yang pasif dalam pembelajaran, dan hasil belajar siswa rendah.. Analisis data dari penelitian ini adalah dengan cara deskriptif kualitatif yaitu data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III data dianalisis menggunakan regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Sebelum pelaksanaan tindakan didapatkan rata-rata hasil belajar sebesar 5,17 dan rata-rata pada siklus I meningkat menjadi 5,95,rata-rata siklus II meningkat menjadi 7,20 dan rata-rata pada siklus III meningkat menjadi 7,50 menunjukkan setelah dilakukan pemberian materi dengan metode roleplaying berpengaruh positif terhadap peningkatan nilai awal siswa sebesar 0,43 point. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: dengan menggunakan metode roleplaying dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Wiradesa Pekalongan tahun ajaran 2006/2007 sebesar 0,43 point atau 43%.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:10970
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
publishDate 2007
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:10970 https://eprints.ums.ac.id/10970/ EFEKTIFITAS ROLEPLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP NEGER I2 WIRADESA PEKALONGAN TAHUN AJARAN 2006/2007 NURLENA, NURLENA L Education (General) Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas roleplaying dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Wiradesa Pekalongan Tahun Ajaran 2006/2007.Teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah dengan cara mengumpulkan data dari setiap akhir pertemuan yaitu dari aspek kognitif, psikomotorik, dan afektif selama proses pembelajaran. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Wiradesa Pekalongan Tahun Ajaran 2006/2007 sebanyak 5 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah satu kelas yaitu kelas VIII C.Sampel penelitian menggunakan tehnik purposive sampling yaitu pengambilan sampel yang didasarkan atas ciri-ciri yaitu siswa kurang termotivasi untuk belajar, banyak siswa yang pasif dalam pembelajaran, dan hasil belajar siswa rendah.. Analisis data dari penelitian ini adalah dengan cara deskriptif kualitatif yaitu data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III data dianalisis menggunakan regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Sebelum pelaksanaan tindakan didapatkan rata-rata hasil belajar sebesar 5,17 dan rata-rata pada siklus I meningkat menjadi 5,95,rata-rata siklus II meningkat menjadi 7,20 dan rata-rata pada siklus III meningkat menjadi 7,50 menunjukkan setelah dilakukan pemberian materi dengan metode roleplaying berpengaruh positif terhadap peningkatan nilai awal siswa sebesar 0,43 point. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: dengan menggunakan metode roleplaying dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Wiradesa Pekalongan tahun ajaran 2006/2007 sebesar 0,43 point atau 43%. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10970/1/Hal_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10970/2/Bab_1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10970/3/Bab_2_dan_3.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10970/4/Bab_4_dan_5.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10970/7/Dapus.pdf NURLENA, NURLENA (2007) EFEKTIFITAS ROLEPLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP NEGER I2 WIRADESA PEKALONGAN TAHUN AJARAN 2006/2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A420030108
spellingShingle L Education (General)
NURLENA, NURLENA
EFEKTIFITAS ROLEPLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP NEGER I2 WIRADESA PEKALONGAN TAHUN AJARAN 2006/2007
title EFEKTIFITAS ROLEPLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP NEGER I2 WIRADESA PEKALONGAN TAHUN AJARAN 2006/2007
title_full EFEKTIFITAS ROLEPLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP NEGER I2 WIRADESA PEKALONGAN TAHUN AJARAN 2006/2007
title_fullStr EFEKTIFITAS ROLEPLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP NEGER I2 WIRADESA PEKALONGAN TAHUN AJARAN 2006/2007
title_full_unstemmed EFEKTIFITAS ROLEPLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP NEGER I2 WIRADESA PEKALONGAN TAHUN AJARAN 2006/2007
title_short EFEKTIFITAS ROLEPLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP NEGER I2 WIRADESA PEKALONGAN TAHUN AJARAN 2006/2007
title_sort efektifitas roleplaying untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas viii smp neger i2 wiradesa pekalongan tahun ajaran 2006 2007
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/10970/
work_keys_str_mv AT nurlenanurlena efektifitasroleplayinguntukmeningkatkanhasilbelajarbiologisiswakelasviiismpnegeri2wiradesapekalongantahunajaran20062007