PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK MATERI SALING KETERGANTUNGAN MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI SERTAI LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PADA SISWA KELAS VII SLTP NEGERI 3 TRUCUK KLATEN TAHUN 2006/2007

Siswa kelas VIIB SLTP N 3 Trucuk Cenderung pasif, ramai, kurang memperhatikan pelajaran, kurang berminat mengikuti pelajaran dan merasa jenuh dengan pembelajaran yang monoton menyebabkan tingkat pemahaman siswa kurang sehingga hasil belajar siswa rendah. Oleh karena itu peneliti dan guru memil...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: LESTARI , SIRIA
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
Published: 2007
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/10966/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995213398114304
author LESTARI , SIRIA
author_facet LESTARI , SIRIA
author_sort LESTARI , SIRIA
collection ePrints
description Siswa kelas VIIB SLTP N 3 Trucuk Cenderung pasif, ramai, kurang memperhatikan pelajaran, kurang berminat mengikuti pelajaran dan merasa jenuh dengan pembelajaran yang monoton menyebabkan tingkat pemahaman siswa kurang sehingga hasil belajar siswa rendah. Oleh karena itu peneliti dan guru memilih pembelajaran dengan pendekatan CTL untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan pendekatan CTL pada materi pokok saling ketergantungan di kelas VIIB terdiri dari 4 kelas, yaitu VIIA sampai dengan VIID. Sampel penelitian ini adalah siswa kel as VIIB dengan jumlah siswa 40, pengambilan sampel dengan teknik purposive cluster sampling. Jenis penelitian ini penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data melalui dialog awal, observasi, tes dan dokumentasi. Data dianalisis dengan deskriptif kualitatif yaitu dengan menganalisis data perkembangan hasil belajar siswa dari siklus I sampai dengan siklus III dan dilengkapi dengan analisis regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Sebelum t indakan didapat, rata-rata hasil belajar siswa sebesar 4,91, rata-rata pada siklus I meningkat menjadi 5,79, rata-rata pada siklus II meningkat menjadi 6,33 dan pada siklus III meningkat menjadi 8,41. Berdasarkan perhitungan linier menunjukkan bahwa setelah dilakukan pembelajaran dengan pendekatan CTL hasil belajar meningkat sebesar 0,21 point atau 21%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan CTL dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar khususnya kognitif dan afektif siswa kelas VIIB SLTP N 3 Trucuk tahun pelajaran 2006/2007 pada materi pokok saling ketergantungan sebesar 0,21 point atau 21%.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:10966
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
publishDate 2007
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:10966 https://eprints.ums.ac.id/10966/ PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK MATERI SALING KETERGANTUNGAN MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI SERTAI LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PADA SISWA KELAS VII SLTP NEGERI 3 TRUCUK KLATEN TAHUN 2006/2007 LESTARI , SIRIA L Education (General) Siswa kelas VIIB SLTP N 3 Trucuk Cenderung pasif, ramai, kurang memperhatikan pelajaran, kurang berminat mengikuti pelajaran dan merasa jenuh dengan pembelajaran yang monoton menyebabkan tingkat pemahaman siswa kurang sehingga hasil belajar siswa rendah. Oleh karena itu peneliti dan guru memilih pembelajaran dengan pendekatan CTL untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan pendekatan CTL pada materi pokok saling ketergantungan di kelas VIIB terdiri dari 4 kelas, yaitu VIIA sampai dengan VIID. Sampel penelitian ini adalah siswa kel as VIIB dengan jumlah siswa 40, pengambilan sampel dengan teknik purposive cluster sampling. Jenis penelitian ini penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data melalui dialog awal, observasi, tes dan dokumentasi. Data dianalisis dengan deskriptif kualitatif yaitu dengan menganalisis data perkembangan hasil belajar siswa dari siklus I sampai dengan siklus III dan dilengkapi dengan analisis regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Sebelum t indakan didapat, rata-rata hasil belajar siswa sebesar 4,91, rata-rata pada siklus I meningkat menjadi 5,79, rata-rata pada siklus II meningkat menjadi 6,33 dan pada siklus III meningkat menjadi 8,41. Berdasarkan perhitungan linier menunjukkan bahwa setelah dilakukan pembelajaran dengan pendekatan CTL hasil belajar meningkat sebesar 0,21 point atau 21%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan CTL dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar khususnya kognitif dan afektif siswa kelas VIIB SLTP N 3 Trucuk tahun pelajaran 2006/2007 pada materi pokok saling ketergantungan sebesar 0,21 point atau 21%. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10966/1/HAL_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10966/2/Bab_1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10966/3/Bab_2_dan_3.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10966/4/Bab_4_dan_5.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10966/8/Dapus.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10966/10/Lampiran.pdf LESTARI , SIRIA (2007) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK MATERI SALING KETERGANTUNGAN MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI SERTAI LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PADA SISWA KELAS VII SLTP NEGERI 3 TRUCUK KLATEN TAHUN 2006/2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A420030098
spellingShingle L Education (General)
LESTARI , SIRIA
PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK MATERI SALING KETERGANTUNGAN MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI SERTAI LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PADA SISWA KELAS VII SLTP NEGERI 3 TRUCUK KLATEN TAHUN 2006/2007
title PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK MATERI SALING KETERGANTUNGAN MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI SERTAI LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PADA SISWA KELAS VII SLTP NEGERI 3 TRUCUK KLATEN TAHUN 2006/2007
title_full PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK MATERI SALING KETERGANTUNGAN MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI SERTAI LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PADA SISWA KELAS VII SLTP NEGERI 3 TRUCUK KLATEN TAHUN 2006/2007
title_fullStr PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK MATERI SALING KETERGANTUNGAN MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI SERTAI LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PADA SISWA KELAS VII SLTP NEGERI 3 TRUCUK KLATEN TAHUN 2006/2007
title_full_unstemmed PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK MATERI SALING KETERGANTUNGAN MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI SERTAI LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PADA SISWA KELAS VII SLTP NEGERI 3 TRUCUK KLATEN TAHUN 2006/2007
title_short PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK MATERI SALING KETERGANTUNGAN MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI SERTAI LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PADA SISWA KELAS VII SLTP NEGERI 3 TRUCUK KLATEN TAHUN 2006/2007
title_sort peningkatan hasil belajar biologi pokok materi saling ketergantungan melalui pendekatan pembelajaran contextual teaching and learning ctl di sertai lembar kerja siswa lks pada siswa kelas vii sltp negeri 3 trucuk klaten tahun 2006 2007
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/10966/
work_keys_str_mv AT lestarisiria peningkatanhasilbelajarbiologipokokmaterisalingketergantunganmelaluipendekatanpembelajarancontextualteachingandlearningctldisertailembarkerjasiswalkspadasiswakelasviisltpnegeri3trucukklatentahun20062007