PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK MATERI SALING KETERGANTUNGAN MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI SERTAI LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PADA SISWA KELAS VII SLTP NEGERI 3 TRUCUK KLATEN TAHUN 2006/2007
Siswa kelas VIIB SLTP N 3 Trucuk Cenderung pasif, ramai, kurang memperhatikan pelajaran, kurang berminat mengikuti pelajaran dan merasa jenuh dengan pembelajaran yang monoton menyebabkan tingkat pemahaman siswa kurang sehingga hasil belajar siswa rendah. Oleh karena itu peneliti dan guru memil...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English |
Published: |
2007
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/10966/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Siswa kelas VIIB SLTP N 3 Trucuk Cenderung pasif, ramai, kurang
memperhatikan pelajaran, kurang berminat mengikuti pelajaran dan merasa jenuh
dengan pembelajaran yang monoton menyebabkan tingkat pemahaman siswa kurang
sehingga hasil belajar siswa rendah. Oleh karena itu peneliti dan guru memilih
pembelajaran dengan pendekatan CTL untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa
dengan pendekatan CTL pada materi pokok saling ketergantungan di kelas VIIB
terdiri dari 4 kelas, yaitu VIIA sampai dengan VIID. Sampel penelitian ini adalah
siswa kel as VIIB dengan jumlah siswa 40, pengambilan sampel dengan teknik
purposive cluster sampling. Jenis penelitian ini penelitian tindakan kelas. Teknik
pengumpulan data melalui dialog awal, observasi, tes dan dokumentasi. Data
dianalisis dengan deskriptif kualitatif yaitu dengan menganalisis data perkembangan
hasil belajar siswa dari siklus I sampai dengan siklus III dan dilengkapi dengan
analisis regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan
aktivitas dan hasil belajar siswa. Sebelum t indakan didapat, rata-rata hasil belajar
siswa sebesar 4,91, rata-rata pada siklus I meningkat menjadi 5,79, rata-rata pada
siklus II meningkat menjadi 6,33 dan pada siklus III meningkat menjadi 8,41.
Berdasarkan perhitungan linier menunjukkan bahwa setelah dilakukan pembelajaran
dengan pendekatan CTL hasil belajar meningkat sebesar 0,21 point atau 21%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan CTL dalam
pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar khususnya kognitif dan afektif siswa
kelas VIIB SLTP N 3 Trucuk tahun pelajaran 2006/2007 pada materi pokok saling
ketergantungan sebesar 0,21 point atau 21%. |
---|