PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK MATERI SALING KETERGANTUNGAN MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DISERTAI LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PADA SISWA KELAS VII SMP N 3 TRUCUK KLATEN TAHUN AJARAN 2006/2007

Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) yang disertai Lembar Kerja Siswa (LKS)...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Asmoro , Asri
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2007
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/10953/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995209743826944
author Asmoro , Asri
author_facet Asmoro , Asri
author_sort Asmoro , Asri
collection ePrints
description Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) yang disertai Lembar Kerja Siswa (LKS) pada siswa kelas VII SMP N 3 Trucuk, Klaten Tahun Ajaran 2006/2007 yang terdiri dari 4 kelas, VIIA, VIIB, VIIC dan VIID. Sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu kelas VIIA dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Data hasil belajar Biologi siswa diambil dengan menggunakan post-test, observasi baik dengan lembar penelitian maupun catatan lapangan,, dan dokumentasi. Analisis data dari penelitian ini dengan cara deskritif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III dilengkapi dengan analisis regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Sebelum tindakan didapat rata -rata hasil belajar siswa sebesar 5,06 dan rata -rata pada siklus I meningkat menjadi 6,00 rata -rata siklus II meningkat menjadi 7,00 dan siklus III meningkat menjadi 7,75. Berdasarkan perhitungan regresi linier menunjukkan bahwa setelah penerapan pendekatan pembelajaran CTL yang disertai LKS pada pembelajaran berpengaruh positif terhadap peningkatan nilai awal siswa sebesar 0,30 point atau 30%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan pembelajaran CTL yang disertai LKS dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas VII SMP N 3 Trucuk, Klaten Tahun Ajaran 2006/2007 sebesar 0,30 point atau 30%.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:10953
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2007
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:10953 https://eprints.ums.ac.id/10953/ PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK MATERI SALING KETERGANTUNGAN MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DISERTAI LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PADA SISWA KELAS VII SMP N 3 TRUCUK KLATEN TAHUN AJARAN 2006/2007 Asmoro , Asri L Education (General) Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) yang disertai Lembar Kerja Siswa (LKS) pada siswa kelas VII SMP N 3 Trucuk, Klaten Tahun Ajaran 2006/2007 yang terdiri dari 4 kelas, VIIA, VIIB, VIIC dan VIID. Sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu kelas VIIA dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Data hasil belajar Biologi siswa diambil dengan menggunakan post-test, observasi baik dengan lembar penelitian maupun catatan lapangan,, dan dokumentasi. Analisis data dari penelitian ini dengan cara deskritif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III dilengkapi dengan analisis regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Sebelum tindakan didapat rata -rata hasil belajar siswa sebesar 5,06 dan rata -rata pada siklus I meningkat menjadi 6,00 rata -rata siklus II meningkat menjadi 7,00 dan siklus III meningkat menjadi 7,75. Berdasarkan perhitungan regresi linier menunjukkan bahwa setelah penerapan pendekatan pembelajaran CTL yang disertai LKS pada pembelajaran berpengaruh positif terhadap peningkatan nilai awal siswa sebesar 0,30 point atau 30%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan pembelajaran CTL yang disertai LKS dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas VII SMP N 3 Trucuk, Klaten Tahun Ajaran 2006/2007 sebesar 0,30 point atau 30%. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10953/1/Hal_sampul.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10953/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10953/3/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10953/4/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10953/5/Bab_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10953/6/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10953/7/daftar_pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10953/10/Lampiran.pdf Asmoro , Asri (2007) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK MATERI SALING KETERGANTUNGAN MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DISERTAI LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PADA SISWA KELAS VII SMP N 3 TRUCUK KLATEN TAHUN AJARAN 2006/2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A420030090
spellingShingle L Education (General)
Asmoro , Asri
PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK MATERI SALING KETERGANTUNGAN MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DISERTAI LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PADA SISWA KELAS VII SMP N 3 TRUCUK KLATEN TAHUN AJARAN 2006/2007
title PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK MATERI SALING KETERGANTUNGAN MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DISERTAI LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PADA SISWA KELAS VII SMP N 3 TRUCUK KLATEN TAHUN AJARAN 2006/2007
title_full PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK MATERI SALING KETERGANTUNGAN MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DISERTAI LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PADA SISWA KELAS VII SMP N 3 TRUCUK KLATEN TAHUN AJARAN 2006/2007
title_fullStr PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK MATERI SALING KETERGANTUNGAN MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DISERTAI LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PADA SISWA KELAS VII SMP N 3 TRUCUK KLATEN TAHUN AJARAN 2006/2007
title_full_unstemmed PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK MATERI SALING KETERGANTUNGAN MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DISERTAI LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PADA SISWA KELAS VII SMP N 3 TRUCUK KLATEN TAHUN AJARAN 2006/2007
title_short PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK MATERI SALING KETERGANTUNGAN MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DISERTAI LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PADA SISWA KELAS VII SMP N 3 TRUCUK KLATEN TAHUN AJARAN 2006/2007
title_sort peningkatan hasil belajar biologi pokok materi saling ketergantungan melalui pendekatan pembelajaran contextual teaching and learning ctl disertai lembar kerja siswa lks pada siswa kelas vii smp n 3 trucuk klaten tahun ajaran 2006 2007
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/10953/
work_keys_str_mv AT asmoroasri peningkatanhasilbelajarbiologipokokmaterisalingketergantunganmelaluipendekatanpembelajarancontextualteachingandlearningctldisertailembarkerjasiswalkspadasiswakelasviismpn3trucukklatentahunajaran20062007