PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK MATERI SALING KETERGANTUNGAN MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DISERTAI LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PADA SISWA KELAS VII SMP N 3 TRUCUK KLATEN TAHUN AJARAN 2006/2007
Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) yang disertai Lembar Kerja Siswa (LKS)...
Tallennettuna:
Päätekijä: | |
---|---|
Aineistotyyppi: | Opinnäyte |
Kieli: | English English English English English English English English |
Julkaistu: |
2007
|
Aiheet: | |
Linkit: | https://eprints.ums.ac.id/10953/ |
Tagit: |
Lisää tagi
Ei tageja, Lisää ensimmäinen tagi!
|
Yhteenveto: | Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan
menggunakan beberapa metode mengajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah
untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan pendekatan
pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) yang disertai Lembar
Kerja Siswa (LKS) pada siswa kelas VII SMP N 3 Trucuk, Klaten Tahun Ajaran
2006/2007 yang terdiri dari 4 kelas, VIIA, VIIB, VIIC dan VIID. Sampel yang
diambil dalam penelitian ini yaitu kelas VIIA dengan teknik pengambilan sampel
purposive sampling. Data hasil belajar Biologi siswa diambil dengan
menggunakan post-test, observasi baik dengan lembar penelitian maupun catatan
lapangan,, dan dokumentasi. Analisis data dari penelitian ini dengan cara deskritif
kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I
sampai siklus III dilengkapi dengan analisis regresi linier. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Sebelum tindakan didapat rata -rata hasil belajar siswa sebesar 5,06 dan rata -rata
pada siklus I meningkat menjadi 6,00 rata -rata siklus II meningkat menjadi 7,00
dan siklus III meningkat menjadi 7,75. Berdasarkan perhitungan regresi linier
menunjukkan bahwa setelah penerapan pendekatan pembelajaran CTL yang
disertai LKS pada pembelajaran berpengaruh positif terhadap peningkatan nilai
awal siswa sebesar 0,30 point atau 30%. Berdasarkan hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan pembelajaran CTL
yang disertai LKS dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas VII SMP
N 3 Trucuk, Klaten Tahun Ajaran 2006/2007 sebesar 0,30 point atau 30%. |
---|