EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BIOLOGI MENGGUNAKAN MEDIA KOMIK PADA MATERI POKOK PENCEMARAN LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 POLOKARTO SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2006/2007
Pada proses pembelajaran di SMP Negeri 1 Polokarto Sukoharjo kelas VIIF menunjukkan bahwa pembelajaran biologi di kelas belum optimal. Berkaitan dengan hal tersebut maka perlu dilakukan proses pembelajaran yang lebih baik, oleh karena itu guru dan peneliti memilih menggunakan media komik sebag...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English |
Published: |
2007
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/10952/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Pada proses pembelajaran di SMP Negeri 1 Polokarto Sukoharjo kelas VIIF
menunjukkan bahwa pembelajaran biologi di kelas belum optimal. Berkaitan dengan
hal tersebut maka perlu dilakukan proses pembelajaran yang lebih baik, oleh karena
itu guru dan peneliti memilih menggunakan media komik sebagai media
pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan yang ingin dicapai
dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar
biologi siswa dengan menggunakan media komik pada materi pokok Pencemaran
Lingkungan di kelas VII SMP Negeri 1 Polokarto Sukoharjo Tahun Ajaran
2006/2007. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Polokarto
Sukoharjo kelas VII tahun ajaran 2006/2007 yang terdiri dari 6 kelas yaitu kelas
VIIA, VIIB, VIIC, VIID, VIIE, dan VIIF. Sampel yang diambil dalam penelitian ini
yaitu kelas VIIF dengan teknik pengambilan sampel purposive cluster sampling
yaitu pengambilan sampel berdasarkan atas ciri-ciri tertentu yang diketahui pada
observasi awal yaitu siswa pasif, jenuh, tidak memperhatikan pelajaran, tidak
berminat mengikuti pelajaran, pemahaman siswa lemah, sehingga hasil belajar
kurang optimal. Teknik pengumpulan data melalui metode wawancara, metode
observasi, metode dokumentasi, dan metode tes yang diperoleh dengan cara
memberikan post test setelah pembelajaran dengan menggunakan media komik.
Analisis data dari penelitian ini dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara
menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III dilengkapi
dengan analisis regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi
peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Sebelum dilakukan tindakan, rata-rata
hasil belajar kognitif siswa sebesar 5,47 dan rata-rata pada siklus I meningkat
menjadi 6,23 rata-rata siklus II meningkat menjadi 6,73 dan siklus III meningkat
menjadi 7,52. Berdasarkan perhitungan regresi linier menunjukkan bahwa setelah
menggunakan komik pada pembelajaran berpengaruh positif terhadap peningkatan
nilai awal siswa sebesar 0,28 point atau 28%. Berdasarkan hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan komik dapat meningkatkan hasil
belajar biologi siswa kelas VIIF SMP Negeri 1 Polokarto Sukoharjo tahun ajaran
2006/2007 sebesar 0,28 point atau 28%. |
---|