PERBANDINGAN ANTARA PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN PENDEKATAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 CEPER KLATEN TAHUN AJARAN 2006/2007

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan pendekatan CTL dan pendekatan konvensional, pada siswa kelas VIII semester II SMP N 1 Ceper Klaten tahun ajaran 2006/2007. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: ERNAWATI , LISA
格式: Thesis
语言:English
English
English
English
English
English
出版: 2007
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/10949/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
_version_ 1804995208622899200
author ERNAWATI , LISA
author_facet ERNAWATI , LISA
author_sort ERNAWATI , LISA
collection ePrints
description Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan pendekatan CTL dan pendekatan konvensional, pada siswa kelas VIII semester II SMP N 1 Ceper Klaten tahun ajaran 2006/2007. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester II yang terdiri 6 kelas yaitu kelas VIIIA sampai VIIIF. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 2 kelas, yaitu kelas VIIIA dan kelas VIIIE dengan jumlah siswa masing-masing kelas sebanyak 40 siswa, cara pengambilan sampel dengan menggunakan Cluster random sampling. Data hasil belajar biologi diambil dengan menggunakan Post tes, kemudian dianalisis menggunakan uji-t, hasil analisis data menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar Biologi yang menggunakan. Pembelajaran Pendekatan CTL dengan Pembelajaran Pendekatan Konvensional pada siswa kelas VIII SMP N 1 CEPER KLATEN dengan nilai rata-rata pada Pembelajaran pendekatan CTL sebesar 71,200 dan SD sebesar 8,522 dan nilai rata-rata pada pembelajaran Pendekatan konvensional sebesar 62,850 dan SD sebesar 9,510, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar biologi antara pembelajaran pendekatan CTL dengan pendekatan konvensional pada siswa kelas VIII SMP N 1 Ceper Klaten tahun pelajaran 2006/2007.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:10949
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
publishDate 2007
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:10949 https://eprints.ums.ac.id/10949/ PERBANDINGAN ANTARA PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN PENDEKATAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 CEPER KLATEN TAHUN AJARAN 2006/2007 ERNAWATI , LISA L Education (General) Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan pendekatan CTL dan pendekatan konvensional, pada siswa kelas VIII semester II SMP N 1 Ceper Klaten tahun ajaran 2006/2007. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester II yang terdiri 6 kelas yaitu kelas VIIIA sampai VIIIF. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 2 kelas, yaitu kelas VIIIA dan kelas VIIIE dengan jumlah siswa masing-masing kelas sebanyak 40 siswa, cara pengambilan sampel dengan menggunakan Cluster random sampling. Data hasil belajar biologi diambil dengan menggunakan Post tes, kemudian dianalisis menggunakan uji-t, hasil analisis data menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar Biologi yang menggunakan. Pembelajaran Pendekatan CTL dengan Pembelajaran Pendekatan Konvensional pada siswa kelas VIII SMP N 1 CEPER KLATEN dengan nilai rata-rata pada Pembelajaran pendekatan CTL sebesar 71,200 dan SD sebesar 8,522 dan nilai rata-rata pada pembelajaran Pendekatan konvensional sebesar 62,850 dan SD sebesar 9,510, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar biologi antara pembelajaran pendekatan CTL dengan pendekatan konvensional pada siswa kelas VIII SMP N 1 Ceper Klaten tahun pelajaran 2006/2007. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10949/1/cover.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10949/2/Bab_i.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10949/4/Bab_2_dan_3.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10949/6/Bab_4_dan_5.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10949/8/Dapus.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10949/10/lampiran.pdf ERNAWATI , LISA (2007) PERBANDINGAN ANTARA PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN PENDEKATAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 CEPER KLATEN TAHUN AJARAN 2006/2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A420030080
spellingShingle L Education (General)
ERNAWATI , LISA
PERBANDINGAN ANTARA PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN PENDEKATAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 CEPER KLATEN TAHUN AJARAN 2006/2007
title PERBANDINGAN ANTARA PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN PENDEKATAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 CEPER KLATEN TAHUN AJARAN 2006/2007
title_full PERBANDINGAN ANTARA PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN PENDEKATAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 CEPER KLATEN TAHUN AJARAN 2006/2007
title_fullStr PERBANDINGAN ANTARA PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN PENDEKATAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 CEPER KLATEN TAHUN AJARAN 2006/2007
title_full_unstemmed PERBANDINGAN ANTARA PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN PENDEKATAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 CEPER KLATEN TAHUN AJARAN 2006/2007
title_short PERBANDINGAN ANTARA PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN PENDEKATAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 CEPER KLATEN TAHUN AJARAN 2006/2007
title_sort perbandingan antara pendekatan pembelajaran contextual teaching and learning ctl dengan pendekatan konvensional terhadap hasil belajar biologi pada siswa kelas viii smp negeri 1 ceper klaten tahun ajaran 2006 2007
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/10949/
work_keys_str_mv AT ernawatilisa perbandinganantarapendekatanpembelajarancontextualteachingandlearningctldenganpendekatankonvensionalterhadaphasilbelajarbiologipadasiswakelasviiismpnegeri1ceperklatentahunajaran20062007