PERBANDINGAN ANTARA PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN PENDEKATAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 CEPER KLATEN TAHUN AJARAN 2006/2007
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan pendekatan CTL dan pendekatan konvensional, pada siswa kelas VIII semester II SMP N 1 Ceper Klaten tahun ajaran 2006/2007. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII...
Salvato in:
Autore principale: | |
---|---|
Natura: | Tesi |
Lingua: | English English English English English English |
Pubblicazione: |
2007
|
Soggetti: | |
Accesso online: | https://eprints.ums.ac.id/10949/ |
Tags: |
Aggiungi Tag
Nessun Tag, puoi essere il primo ad aggiungerne!!
|
_version_ | 1804995208622899200 |
---|---|
author | ERNAWATI , LISA |
author_facet | ERNAWATI , LISA |
author_sort | ERNAWATI , LISA |
collection | ePrints |
description | Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar
siswa yang menggunakan pendekatan CTL dan pendekatan konvensional, pada
siswa kelas VIII semester II SMP N 1 Ceper Klaten tahun ajaran 2006/2007.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester II yang terdiri 6
kelas yaitu kelas VIIIA sampai VIIIF. Sampel yang digunakan dalam penelitian
ini adalah 2 kelas, yaitu kelas VIIIA dan kelas VIIIE dengan jumlah siswa
masing-masing kelas sebanyak 40 siswa, cara pengambilan sampel dengan
menggunakan Cluster random sampling. Data hasil belajar biologi diambil
dengan menggunakan Post tes, kemudian dianalisis menggunakan uji-t, hasil
analisis data menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar Biologi yang
menggunakan. Pembelajaran Pendekatan CTL dengan Pembelajaran Pendekatan
Konvensional pada siswa kelas VIII SMP N 1 CEPER KLATEN dengan nilai
rata-rata pada Pembelajaran pendekatan CTL sebesar 71,200 dan SD sebesar
8,522 dan nilai rata-rata pada pembelajaran Pendekatan konvensional sebesar
62,850 dan SD sebesar 9,510, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat
perbedaan hasil belajar biologi antara pembelajaran pendekatan CTL dengan
pendekatan konvensional pada siswa kelas VIII SMP N 1 Ceper Klaten tahun
pelajaran 2006/2007.
|
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:10949 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English |
publishDate | 2007 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:10949 https://eprints.ums.ac.id/10949/ PERBANDINGAN ANTARA PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN PENDEKATAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 CEPER KLATEN TAHUN AJARAN 2006/2007 ERNAWATI , LISA L Education (General) Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan pendekatan CTL dan pendekatan konvensional, pada siswa kelas VIII semester II SMP N 1 Ceper Klaten tahun ajaran 2006/2007. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester II yang terdiri 6 kelas yaitu kelas VIIIA sampai VIIIF. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 2 kelas, yaitu kelas VIIIA dan kelas VIIIE dengan jumlah siswa masing-masing kelas sebanyak 40 siswa, cara pengambilan sampel dengan menggunakan Cluster random sampling. Data hasil belajar biologi diambil dengan menggunakan Post tes, kemudian dianalisis menggunakan uji-t, hasil analisis data menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar Biologi yang menggunakan. Pembelajaran Pendekatan CTL dengan Pembelajaran Pendekatan Konvensional pada siswa kelas VIII SMP N 1 CEPER KLATEN dengan nilai rata-rata pada Pembelajaran pendekatan CTL sebesar 71,200 dan SD sebesar 8,522 dan nilai rata-rata pada pembelajaran Pendekatan konvensional sebesar 62,850 dan SD sebesar 9,510, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar biologi antara pembelajaran pendekatan CTL dengan pendekatan konvensional pada siswa kelas VIII SMP N 1 Ceper Klaten tahun pelajaran 2006/2007. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10949/1/cover.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10949/2/Bab_i.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10949/4/Bab_2_dan_3.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10949/6/Bab_4_dan_5.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10949/8/Dapus.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10949/10/lampiran.pdf ERNAWATI , LISA (2007) PERBANDINGAN ANTARA PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN PENDEKATAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 CEPER KLATEN TAHUN AJARAN 2006/2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A420030080 |
spellingShingle | L Education (General) ERNAWATI , LISA PERBANDINGAN ANTARA PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN PENDEKATAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 CEPER KLATEN TAHUN AJARAN 2006/2007 |
title | PERBANDINGAN ANTARA PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN PENDEKATAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 CEPER KLATEN TAHUN AJARAN 2006/2007 |
title_full | PERBANDINGAN ANTARA PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN PENDEKATAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 CEPER KLATEN TAHUN AJARAN 2006/2007 |
title_fullStr | PERBANDINGAN ANTARA PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN PENDEKATAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 CEPER KLATEN TAHUN AJARAN 2006/2007 |
title_full_unstemmed | PERBANDINGAN ANTARA PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN PENDEKATAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 CEPER KLATEN TAHUN AJARAN 2006/2007 |
title_short | PERBANDINGAN ANTARA PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN PENDEKATAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 CEPER KLATEN TAHUN AJARAN 2006/2007 |
title_sort | perbandingan antara pendekatan pembelajaran contextual teaching and learning ctl dengan pendekatan konvensional terhadap hasil belajar biologi pada siswa kelas viii smp negeri 1 ceper klaten tahun ajaran 2006 2007 |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/10949/ |
work_keys_str_mv | AT ernawatilisa perbandinganantarapendekatanpembelajarancontextualteachingandlearningctldenganpendekatankonvensionalterhadaphasilbelajarbiologipadasiswakelasviiismpnegeri1ceperklatentahunajaran20062007 |