PERBANDINGAN ANTARA PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN PENDEKATAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 CEPER KLATEN TAHUN AJARAN 2006/2007
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan pendekatan CTL dan pendekatan konvensional, pada siswa kelas VIII semester II SMP N 1 Ceper Klaten tahun ajaran 2006/2007. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII...
Saved in:
主要作者: | |
---|---|
格式: | Thesis |
语言: | English English English English English English |
出版: |
2007
|
主题: | |
在线阅读: | https://eprints.ums.ac.id/10949/ |
标签: |
添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
|
总结: | Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar
siswa yang menggunakan pendekatan CTL dan pendekatan konvensional, pada
siswa kelas VIII semester II SMP N 1 Ceper Klaten tahun ajaran 2006/2007.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester II yang terdiri 6
kelas yaitu kelas VIIIA sampai VIIIF. Sampel yang digunakan dalam penelitian
ini adalah 2 kelas, yaitu kelas VIIIA dan kelas VIIIE dengan jumlah siswa
masing-masing kelas sebanyak 40 siswa, cara pengambilan sampel dengan
menggunakan Cluster random sampling. Data hasil belajar biologi diambil
dengan menggunakan Post tes, kemudian dianalisis menggunakan uji-t, hasil
analisis data menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar Biologi yang
menggunakan. Pembelajaran Pendekatan CTL dengan Pembelajaran Pendekatan
Konvensional pada siswa kelas VIII SMP N 1 CEPER KLATEN dengan nilai
rata-rata pada Pembelajaran pendekatan CTL sebesar 71,200 dan SD sebesar
8,522 dan nilai rata-rata pada pembelajaran Pendekatan konvensional sebesar
62,850 dan SD sebesar 9,510, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat
perbedaan hasil belajar biologi antara pembelajaran pendekatan CTL dengan
pendekatan konvensional pada siswa kelas VIII SMP N 1 Ceper Klaten tahun
pelajaran 2006/2007.
|
---|