MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KEANEKARAGAMAN HAYATI DENGAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 JATISRONO WONOGIRI TAHUN AJARAN 2006/2007

Pendekatan ceramah akan menimbulkan siswa berperilaku pasif, sehingga dibutuhkan pembelajaran dengan pendekatan CTL. Tujuan dari penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman hayati dengan pendekatan CTL pada siswa kelas X1 SMA N 1 Jatisrono, Wonogiri tahun...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SULISTYOWATI , ETIK
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
Published: 2007
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/10948/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995208340832256
author SULISTYOWATI , ETIK
author_facet SULISTYOWATI , ETIK
author_sort SULISTYOWATI , ETIK
collection ePrints
description Pendekatan ceramah akan menimbulkan siswa berperilaku pasif, sehingga dibutuhkan pembelajaran dengan pendekatan CTL. Tujuan dari penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman hayati dengan pendekatan CTL pada siswa kelas X1 SMA N 1 Jatisrono, Wonogiri tahun ajaran 2006/2007.Hipotesis atau kesimpulan sementara yaitu adanya peningkatan hasil belajar pada materi pokok keanakaragaman hayati siswa kelas X1 SMA N 1 Jatisrono Wonogiri tahun ajaran 2006/2007 dengan pembelajaran CTL. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Jatisrono Wonogiri , dimulai dari bulan Januari- Juli 2007. Sampel penelitian siswa kelas X1 SMA N 1 Jatisrono Wonogiri tahun ajaran 2006/2007 dengan teknik pengumpulan sampel atau sampling Purposive Sampling.Prosedur penelitian menggunakan PTK. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi, observasi, catatan lapangan, wawancara. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian siklus I aspek kognitif 5,8 dan afektif 29. Siklus II aspek kognitif 6,5 dan afektif 37,1. Siklus III aspek kognitif 7,1 dan afektif 40,7. Kesimpulan yang dapat diambil yaitu ada peningkatan hasil belajar siswa kelas X1 SMA N 1 Jatisrono Wonogiri tahun ajaran 2006/2007 dengan pembelajaran CTL sebesar 0,654 poin atau 65,45%.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:10948
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
publishDate 2007
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:10948 https://eprints.ums.ac.id/10948/ MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KEANEKARAGAMAN HAYATI DENGAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 JATISRONO WONOGIRI TAHUN AJARAN 2006/2007 SULISTYOWATI , ETIK L Education (General) Pendekatan ceramah akan menimbulkan siswa berperilaku pasif, sehingga dibutuhkan pembelajaran dengan pendekatan CTL. Tujuan dari penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman hayati dengan pendekatan CTL pada siswa kelas X1 SMA N 1 Jatisrono, Wonogiri tahun ajaran 2006/2007.Hipotesis atau kesimpulan sementara yaitu adanya peningkatan hasil belajar pada materi pokok keanakaragaman hayati siswa kelas X1 SMA N 1 Jatisrono Wonogiri tahun ajaran 2006/2007 dengan pembelajaran CTL. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Jatisrono Wonogiri , dimulai dari bulan Januari- Juli 2007. Sampel penelitian siswa kelas X1 SMA N 1 Jatisrono Wonogiri tahun ajaran 2006/2007 dengan teknik pengumpulan sampel atau sampling Purposive Sampling.Prosedur penelitian menggunakan PTK. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi, observasi, catatan lapangan, wawancara. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian siklus I aspek kognitif 5,8 dan afektif 29. Siklus II aspek kognitif 6,5 dan afektif 37,1. Siklus III aspek kognitif 7,1 dan afektif 40,7. Kesimpulan yang dapat diambil yaitu ada peningkatan hasil belajar siswa kelas X1 SMA N 1 Jatisrono Wonogiri tahun ajaran 2006/2007 dengan pembelajaran CTL sebesar 0,654 poin atau 65,45%. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10948/1/Cover%2B_Hal_depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10948/2/Bab_1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10948/5/Bab_2%2C3.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10948/9/BAB_4_%2B5.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10948/11/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10948/14/Lampiran.pdf SULISTYOWATI , ETIK (2007) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KEANEKARAGAMAN HAYATI DENGAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 JATISRONO WONOGIRI TAHUN AJARAN 2006/2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A420030076
spellingShingle L Education (General)
SULISTYOWATI , ETIK
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KEANEKARAGAMAN HAYATI DENGAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 JATISRONO WONOGIRI TAHUN AJARAN 2006/2007
title MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KEANEKARAGAMAN HAYATI DENGAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 JATISRONO WONOGIRI TAHUN AJARAN 2006/2007
title_full MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KEANEKARAGAMAN HAYATI DENGAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 JATISRONO WONOGIRI TAHUN AJARAN 2006/2007
title_fullStr MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KEANEKARAGAMAN HAYATI DENGAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 JATISRONO WONOGIRI TAHUN AJARAN 2006/2007
title_full_unstemmed MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KEANEKARAGAMAN HAYATI DENGAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 JATISRONO WONOGIRI TAHUN AJARAN 2006/2007
title_short MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KEANEKARAGAMAN HAYATI DENGAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 JATISRONO WONOGIRI TAHUN AJARAN 2006/2007
title_sort meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok keanekaragaman hayati dengan pembelajaran contextual teaching and learning pada siswa kelas x sma negeri 1 jatisrono wonogiri tahun ajaran 2006 2007
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/10948/
work_keys_str_mv AT sulistyowatietik meningkatkanhasilbelajarsiswapadamateripokokkeanekaragamanhayatidenganpembelajarancontextualteachingandlearningpadasiswakelasxsmanegeri1jatisronowonogiritahunajaran20062007