MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KEANEKARAGAMAN HAYATI DENGAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 JATISRONO WONOGIRI TAHUN AJARAN 2006/2007
Pendekatan ceramah akan menimbulkan siswa berperilaku pasif, sehingga dibutuhkan pembelajaran dengan pendekatan CTL. Tujuan dari penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman hayati dengan pendekatan CTL pada siswa kelas X1 SMA N 1 Jatisrono, Wonogiri tahun...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English |
Published: |
2007
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/10948/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995208340832256 |
---|---|
author | SULISTYOWATI , ETIK |
author_facet | SULISTYOWATI , ETIK |
author_sort | SULISTYOWATI , ETIK |
collection | ePrints |
description | Pendekatan ceramah akan menimbulkan siswa berperilaku pasif,
sehingga dibutuhkan pembelajaran dengan pendekatan CTL. Tujuan dari
penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman
hayati dengan pendekatan CTL pada siswa kelas X1 SMA N 1 Jatisrono, Wonogiri
tahun ajaran 2006/2007.Hipotesis atau kesimpulan sementara yaitu adanya
peningkatan hasil belajar pada materi pokok keanakaragaman hayati siswa kelas
X1 SMA N 1 Jatisrono Wonogiri tahun ajaran 2006/2007 dengan pembelajaran
CTL. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Jatisrono Wonogiri , dimulai dari
bulan Januari- Juli 2007. Sampel penelitian siswa kelas X1 SMA N 1 Jatisrono
Wonogiri tahun ajaran 2006/2007 dengan teknik pengumpulan sampel atau
sampling Purposive Sampling.Prosedur penelitian menggunakan PTK. Teknik
pengumpulan data dengan dokumentasi, observasi, catatan lapangan, wawancara.
Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan uji regresi linier
sederhana. Hasil penelitian siklus I aspek kognitif 5,8 dan afektif 29. Siklus II
aspek kognitif 6,5 dan afektif 37,1. Siklus III aspek kognitif 7,1 dan afektif 40,7.
Kesimpulan yang dapat diambil yaitu ada peningkatan hasil belajar siswa kelas X1
SMA N 1 Jatisrono Wonogiri tahun ajaran 2006/2007 dengan pembelajaran CTL
sebesar 0,654 poin atau 65,45%. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:10948 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English |
publishDate | 2007 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:10948 https://eprints.ums.ac.id/10948/ MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KEANEKARAGAMAN HAYATI DENGAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 JATISRONO WONOGIRI TAHUN AJARAN 2006/2007 SULISTYOWATI , ETIK L Education (General) Pendekatan ceramah akan menimbulkan siswa berperilaku pasif, sehingga dibutuhkan pembelajaran dengan pendekatan CTL. Tujuan dari penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman hayati dengan pendekatan CTL pada siswa kelas X1 SMA N 1 Jatisrono, Wonogiri tahun ajaran 2006/2007.Hipotesis atau kesimpulan sementara yaitu adanya peningkatan hasil belajar pada materi pokok keanakaragaman hayati siswa kelas X1 SMA N 1 Jatisrono Wonogiri tahun ajaran 2006/2007 dengan pembelajaran CTL. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Jatisrono Wonogiri , dimulai dari bulan Januari- Juli 2007. Sampel penelitian siswa kelas X1 SMA N 1 Jatisrono Wonogiri tahun ajaran 2006/2007 dengan teknik pengumpulan sampel atau sampling Purposive Sampling.Prosedur penelitian menggunakan PTK. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi, observasi, catatan lapangan, wawancara. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian siklus I aspek kognitif 5,8 dan afektif 29. Siklus II aspek kognitif 6,5 dan afektif 37,1. Siklus III aspek kognitif 7,1 dan afektif 40,7. Kesimpulan yang dapat diambil yaitu ada peningkatan hasil belajar siswa kelas X1 SMA N 1 Jatisrono Wonogiri tahun ajaran 2006/2007 dengan pembelajaran CTL sebesar 0,654 poin atau 65,45%. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10948/1/Cover%2B_Hal_depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10948/2/Bab_1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10948/5/Bab_2%2C3.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10948/9/BAB_4_%2B5.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10948/11/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10948/14/Lampiran.pdf SULISTYOWATI , ETIK (2007) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KEANEKARAGAMAN HAYATI DENGAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 JATISRONO WONOGIRI TAHUN AJARAN 2006/2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A420030076 |
spellingShingle | L Education (General) SULISTYOWATI , ETIK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KEANEKARAGAMAN HAYATI DENGAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 JATISRONO WONOGIRI TAHUN AJARAN 2006/2007 |
title | MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KEANEKARAGAMAN HAYATI DENGAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 JATISRONO WONOGIRI TAHUN AJARAN 2006/2007 |
title_full | MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KEANEKARAGAMAN HAYATI DENGAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 JATISRONO WONOGIRI TAHUN AJARAN 2006/2007 |
title_fullStr | MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KEANEKARAGAMAN HAYATI DENGAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 JATISRONO WONOGIRI TAHUN AJARAN 2006/2007 |
title_full_unstemmed | MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KEANEKARAGAMAN HAYATI DENGAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 JATISRONO WONOGIRI TAHUN AJARAN 2006/2007 |
title_short | MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KEANEKARAGAMAN HAYATI DENGAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 JATISRONO WONOGIRI TAHUN AJARAN 2006/2007 |
title_sort | meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok keanekaragaman hayati dengan pembelajaran contextual teaching and learning pada siswa kelas x sma negeri 1 jatisrono wonogiri tahun ajaran 2006 2007 |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/10948/ |
work_keys_str_mv | AT sulistyowatietik meningkatkanhasilbelajarsiswapadamateripokokkeanekaragamanhayatidenganpembelajarancontextualteachingandlearningpadasiswakelasxsmanegeri1jatisronowonogiritahunajaran20062007 |