PENGARUH METODE QUANTUM TEACHING DAN QUANTUM LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA ( Pada Siswa Kelas III SD Negeri 20 Kota Madya Banda Aceh )

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh yang signifikan prestasi belajar matematika siswa ditinjau dari perbedaan penggunaan metode pembelajaran, (2) Pengaruh yang signifikan prestasi belajar matematika siswa ditinjau dari perbedaan aktivitas belajar siswa, (3) Interaksi antara me...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ROCHAYATI, ROCHAYATI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
Published: 2007
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/10934/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995204923523072
author ROCHAYATI, ROCHAYATI
author_facet ROCHAYATI, ROCHAYATI
author_sort ROCHAYATI, ROCHAYATI
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh yang signifikan prestasi belajar matematika siswa ditinjau dari perbedaan penggunaan metode pembelajaran, (2) Pengaruh yang signifikan prestasi belajar matematika siswa ditinjau dari perbedaan aktivitas belajar siswa, (3) Interaksi antara metode pembelajaran dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini dilakukan di kelas III SD Negeri 20 Kota Madya Banda Aceh Semester I tahun 2006/2007. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri 20 Kota Madya Banda Aceh sebanyak 63 siswa yang terdiri dari 2 kelas. Sebagai sampel diambil 45 siswa yang terbagi dalam dua kelas yaitu sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Proses pengumpulan data menggunakan metode tes, metode angket, metode dokumentasi, dan metode observasi. Pengujian prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, sedangkan teknik analisis datanya adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Berdasarkan hasil penelitian ini, dengan taraf signifikansi 5% dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh metode Quantum Teaching dan Quantum Learning terhadap prestasi belajar matematika dengan Fhitung = 20,65, (2) Terdapat pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika dengan Fhitung = 8,34, (3) Tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran yang berbeda dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika dengan Fhitung = 2,27. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan metode Quantum Teaching dan Quantum Learning dan Aktivitas belajar siswa yang tinggi memberikan pengaruh yang positif terhadap prestasi belajar matematika siswa, sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar matematika pada pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:10934
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
publishDate 2007
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:10934 https://eprints.ums.ac.id/10934/ PENGARUH METODE QUANTUM TEACHING DAN QUANTUM LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA ( Pada Siswa Kelas III SD Negeri 20 Kota Madya Banda Aceh ) ROCHAYATI, ROCHAYATI L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh yang signifikan prestasi belajar matematika siswa ditinjau dari perbedaan penggunaan metode pembelajaran, (2) Pengaruh yang signifikan prestasi belajar matematika siswa ditinjau dari perbedaan aktivitas belajar siswa, (3) Interaksi antara metode pembelajaran dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini dilakukan di kelas III SD Negeri 20 Kota Madya Banda Aceh Semester I tahun 2006/2007. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri 20 Kota Madya Banda Aceh sebanyak 63 siswa yang terdiri dari 2 kelas. Sebagai sampel diambil 45 siswa yang terbagi dalam dua kelas yaitu sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Proses pengumpulan data menggunakan metode tes, metode angket, metode dokumentasi, dan metode observasi. Pengujian prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, sedangkan teknik analisis datanya adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Berdasarkan hasil penelitian ini, dengan taraf signifikansi 5% dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh metode Quantum Teaching dan Quantum Learning terhadap prestasi belajar matematika dengan Fhitung = 20,65, (2) Terdapat pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika dengan Fhitung = 8,34, (3) Tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran yang berbeda dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika dengan Fhitung = 2,27. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan metode Quantum Teaching dan Quantum Learning dan Aktivitas belajar siswa yang tinggi memberikan pengaruh yang positif terhadap prestasi belajar matematika siswa, sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar matematika pada pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10934/1/A410020029.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10934/3/A._HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10934/6/B._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10934/9/G._DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10934/12/H._LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf ROCHAYATI, ROCHAYATI (2007) PENGARUH METODE QUANTUM TEACHING DAN QUANTUM LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA ( Pada Siswa Kelas III SD Negeri 20 Kota Madya Banda Aceh ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A.410020029
spellingShingle L Education (General)
ROCHAYATI, ROCHAYATI
PENGARUH METODE QUANTUM TEACHING DAN QUANTUM LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA ( Pada Siswa Kelas III SD Negeri 20 Kota Madya Banda Aceh )
title PENGARUH METODE QUANTUM TEACHING DAN QUANTUM LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA ( Pada Siswa Kelas III SD Negeri 20 Kota Madya Banda Aceh )
title_full PENGARUH METODE QUANTUM TEACHING DAN QUANTUM LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA ( Pada Siswa Kelas III SD Negeri 20 Kota Madya Banda Aceh )
title_fullStr PENGARUH METODE QUANTUM TEACHING DAN QUANTUM LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA ( Pada Siswa Kelas III SD Negeri 20 Kota Madya Banda Aceh )
title_full_unstemmed PENGARUH METODE QUANTUM TEACHING DAN QUANTUM LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA ( Pada Siswa Kelas III SD Negeri 20 Kota Madya Banda Aceh )
title_short PENGARUH METODE QUANTUM TEACHING DAN QUANTUM LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA ( Pada Siswa Kelas III SD Negeri 20 Kota Madya Banda Aceh )
title_sort pengaruh metode quantum teaching dan quantum learning terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari aktivitas belajar siswa pada siswa kelas iii sd negeri 20 kota madya banda aceh
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/10934/
work_keys_str_mv AT rochayatirochayati pengaruhmetodequantumteachingdanquantumlearningterhadapprestasibelajarmatematikaditinjaudariaktivitasbelajarsiswapadasiswakelasiiisdnegeri20kotamadyabandaaceh