PENGARUH METODE QUANTUM TEACHING DAN QUANTUM LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA ( Pada Siswa Kelas III SD Negeri 20 Kota Madya Banda Aceh )
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh yang signifikan prestasi belajar matematika siswa ditinjau dari perbedaan penggunaan metode pembelajaran, (2) Pengaruh yang signifikan prestasi belajar matematika siswa ditinjau dari perbedaan aktivitas belajar siswa, (3) Interaksi antara me...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English |
Published: |
2007
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/10934/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh yang signifikan
prestasi belajar matematika siswa ditinjau dari perbedaan penggunaan metode
pembelajaran, (2) Pengaruh yang signifikan prestasi belajar matematika siswa
ditinjau dari perbedaan aktivitas belajar siswa, (3) Interaksi antara metode
pembelajaran dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika
siswa. Penelitian ini dilakukan di kelas III SD Negeri 20 Kota Madya Banda Aceh
Semester I tahun 2006/2007. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas III SD Negeri 20 Kota Madya Banda Aceh sebanyak 63 siswa yang terdiri
dari 2 kelas. Sebagai sampel diambil 45 siswa yang terbagi dalam dua kelas yaitu
sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Proses pengumpulan data
menggunakan metode tes, metode angket, metode dokumentasi, dan metode
observasi. Pengujian prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji
homogenitas, sedangkan teknik analisis datanya adalah analisis variansi dua jalan
dengan sel tak sama. Berdasarkan hasil penelitian ini, dengan taraf signifikansi
5% dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh metode Quantum Teaching
dan Quantum Learning terhadap prestasi belajar matematika dengan Fhitung =
20,65, (2) Terdapat pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar
matematika dengan Fhitung = 8,34, (3) Tidak terdapat interaksi antara metode
pembelajaran yang berbeda dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar
matematika dengan Fhitung = 2,27. Penelitian ini menyimpulkan bahwa
pembelajaran matematika dengan metode Quantum Teaching dan Quantum
Learning dan Aktivitas belajar siswa yang tinggi memberikan pengaruh yang
positif terhadap prestasi belajar matematika siswa, sehingga dapat meningkatkan
prestasi belajar matematika pada pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan. |
---|