PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PERHATIAN ORANG TUA, PERHATIAN GURU MATEMATIKA DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH PURWODADI GROBOGAN TAHUN AJARAN 2005/2006

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh persepsi siswa tentang perhatian orang tua, perhatian guru matematika dan aktivitas belajar terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh persepsi siswa tentang perhatian orang tua terhadap prestasi belajar matematika, (3) pengaruh pers...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Widyawati, Rini
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
Published: 2006
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/10931/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995204080467968
author Widyawati, Rini
author_facet Widyawati, Rini
author_sort Widyawati, Rini
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh persepsi siswa tentang perhatian orang tua, perhatian guru matematika dan aktivitas belajar terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh persepsi siswa tentang perhatian orang tua terhadap prestasi belajar matematika, (3) pengaruh persepsi siswa tentang perhatian guru matematika terhadap prestasi belajar matematika, (4) pengaruh aktivitas belajar terhadap prestasi belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan penelitian assosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Muhammadiyah Purwodadi Grobogan tahun ajaran 2005/2006 yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah 220 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 135 siswa diperoleh dari tabel Krejcie dengan menggunakan teknik proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear ganda yang sebelumnya dilakukan uji normalitas, uji independensi dan uji linearitas. Hasil penelitian pada taraf signifikansi 5% menunjukkan (1) terdapat pengaruh persepsi siswa tentang perhatian orang tua, perhatian guru matematika dan aktivitas belajar terhadap prestasi belajar matematika ditunjukkan oleh Fhitung= 8,8831, (2) terdapat pengaruh persepsi siswa tentang perhatian orang tua terhadap prestasi belajar matematika ditunjukkan oleh thitung=2,545, (3) terdapat pengaruh persepsi siswa tentang perhatian guru matematika terhadap prestasi belajar matematika ditunjukkan oleh thitung= 2,738, (3) terdapat pengaruh aktivitas belajar terhadap prestasi belajar matematika ditunjukkan oleh thitung= 3,145. Penelitian ini menyimpulkan bahwa persepsi siswa tentang perhatian orang tua, perhatian guru matematika dan aktivitas belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:10931
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
publishDate 2006
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:10931 https://eprints.ums.ac.id/10931/ PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PERHATIAN ORANG TUA, PERHATIAN GURU MATEMATIKA DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH PURWODADI GROBOGAN TAHUN AJARAN 2005/2006 Widyawati, Rini L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh persepsi siswa tentang perhatian orang tua, perhatian guru matematika dan aktivitas belajar terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh persepsi siswa tentang perhatian orang tua terhadap prestasi belajar matematika, (3) pengaruh persepsi siswa tentang perhatian guru matematika terhadap prestasi belajar matematika, (4) pengaruh aktivitas belajar terhadap prestasi belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan penelitian assosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Muhammadiyah Purwodadi Grobogan tahun ajaran 2005/2006 yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah 220 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 135 siswa diperoleh dari tabel Krejcie dengan menggunakan teknik proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear ganda yang sebelumnya dilakukan uji normalitas, uji independensi dan uji linearitas. Hasil penelitian pada taraf signifikansi 5% menunjukkan (1) terdapat pengaruh persepsi siswa tentang perhatian orang tua, perhatian guru matematika dan aktivitas belajar terhadap prestasi belajar matematika ditunjukkan oleh Fhitung= 8,8831, (2) terdapat pengaruh persepsi siswa tentang perhatian orang tua terhadap prestasi belajar matematika ditunjukkan oleh thitung=2,545, (3) terdapat pengaruh persepsi siswa tentang perhatian guru matematika terhadap prestasi belajar matematika ditunjukkan oleh thitung= 2,738, (3) terdapat pengaruh aktivitas belajar terhadap prestasi belajar matematika ditunjukkan oleh thitung= 3,145. Penelitian ini menyimpulkan bahwa persepsi siswa tentang perhatian orang tua, perhatian guru matematika dan aktivitas belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika. 2006 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10931/1/A410020019.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10931/4/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10931/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10931/10/hal.depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10931/13/LAMPIRAN.pdf Widyawati, Rini (2006) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PERHATIAN ORANG TUA, PERHATIAN GURU MATEMATIKA DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH PURWODADI GROBOGAN TAHUN AJARAN 2005/2006. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410020019
spellingShingle L Education (General)
Widyawati, Rini
PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PERHATIAN ORANG TUA, PERHATIAN GURU MATEMATIKA DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH PURWODADI GROBOGAN TAHUN AJARAN 2005/2006
title PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PERHATIAN ORANG TUA, PERHATIAN GURU MATEMATIKA DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH PURWODADI GROBOGAN TAHUN AJARAN 2005/2006
title_full PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PERHATIAN ORANG TUA, PERHATIAN GURU MATEMATIKA DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH PURWODADI GROBOGAN TAHUN AJARAN 2005/2006
title_fullStr PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PERHATIAN ORANG TUA, PERHATIAN GURU MATEMATIKA DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH PURWODADI GROBOGAN TAHUN AJARAN 2005/2006
title_full_unstemmed PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PERHATIAN ORANG TUA, PERHATIAN GURU MATEMATIKA DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH PURWODADI GROBOGAN TAHUN AJARAN 2005/2006
title_short PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PERHATIAN ORANG TUA, PERHATIAN GURU MATEMATIKA DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH PURWODADI GROBOGAN TAHUN AJARAN 2005/2006
title_sort pengaruh persepsi siswa tentang perhatian orang tua perhatian guru matematika dan aktivitas belajar terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas x sma muhammadiyah purwodadi grobogan tahun ajaran 2005 2006
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/10931/
work_keys_str_mv AT widyawatirini pengaruhpersepsisiswatentangperhatianorangtuaperhatiangurumatematikadanaktivitasbelajarterhadapprestasibelajarmatematikapadasiswakelasxsmamuhammadiyahpurwodadigrobogantahunajaran20052006