PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PERHATIAN ORANG TUA, PERHATIAN GURU MATEMATIKA DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH PURWODADI GROBOGAN TAHUN AJARAN 2005/2006

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh persepsi siswa tentang perhatian orang tua, perhatian guru matematika dan aktivitas belajar terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh persepsi siswa tentang perhatian orang tua terhadap prestasi belajar matematika, (3) pengaruh pers...

全面介紹

Saved in:
書目詳細資料
主要作者: Widyawati, Rini
格式: Thesis
語言:English
English
English
English
English
出版: 2006
主題:
在線閱讀:https://eprints.ums.ac.id/10931/
標簽: 添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
實物特徵
總結:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh persepsi siswa tentang perhatian orang tua, perhatian guru matematika dan aktivitas belajar terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh persepsi siswa tentang perhatian orang tua terhadap prestasi belajar matematika, (3) pengaruh persepsi siswa tentang perhatian guru matematika terhadap prestasi belajar matematika, (4) pengaruh aktivitas belajar terhadap prestasi belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan penelitian assosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Muhammadiyah Purwodadi Grobogan tahun ajaran 2005/2006 yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah 220 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 135 siswa diperoleh dari tabel Krejcie dengan menggunakan teknik proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear ganda yang sebelumnya dilakukan uji normalitas, uji independensi dan uji linearitas. Hasil penelitian pada taraf signifikansi 5% menunjukkan (1) terdapat pengaruh persepsi siswa tentang perhatian orang tua, perhatian guru matematika dan aktivitas belajar terhadap prestasi belajar matematika ditunjukkan oleh Fhitung= 8,8831, (2) terdapat pengaruh persepsi siswa tentang perhatian orang tua terhadap prestasi belajar matematika ditunjukkan oleh thitung=2,545, (3) terdapat pengaruh persepsi siswa tentang perhatian guru matematika terhadap prestasi belajar matematika ditunjukkan oleh thitung= 2,738, (3) terdapat pengaruh aktivitas belajar terhadap prestasi belajar matematika ditunjukkan oleh thitung= 3,145. Penelitian ini menyimpulkan bahwa persepsi siswa tentang perhatian orang tua, perhatian guru matematika dan aktivitas belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika.