PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PERHATIAN ORANG TUA, PERHATIAN GURU MATEMATIKA DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH PURWODADI GROBOGAN TAHUN AJARAN 2005/2006
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh persepsi siswa tentang perhatian orang tua, perhatian guru matematika dan aktivitas belajar terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh persepsi siswa tentang perhatian orang tua terhadap prestasi belajar matematika, (3) pengaruh pers...
Shranjeno v:
Glavni avtor: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Jezik: | English English English English English |
Izdano: |
2006
|
Teme: | |
Online dostop: | https://eprints.ums.ac.id/10931/ |
Oznake: |
Označite
Brez oznak, prvi označite!
|
Izvleček: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh persepsi siswa
tentang perhatian orang tua, perhatian guru matematika dan aktivitas belajar terhadap
prestasi belajar matematika, (2) pengaruh persepsi siswa tentang perhatian orang tua
terhadap prestasi belajar matematika, (3) pengaruh persepsi siswa tentang perhatian
guru matematika terhadap prestasi belajar matematika, (4) pengaruh aktivitas belajar
terhadap prestasi belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif
dengan penelitian assosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
X SMA Muhammadiyah Purwodadi Grobogan tahun ajaran 2005/2006 yang terdiri
dari 5 kelas dengan jumlah 220 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 135
siswa diperoleh dari tabel Krejcie dengan menggunakan teknik proporsional random
sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear
ganda yang sebelumnya dilakukan uji normalitas, uji independensi dan uji linearitas.
Hasil penelitian pada taraf signifikansi 5% menunjukkan (1) terdapat pengaruh
persepsi siswa tentang perhatian orang tua, perhatian guru matematika dan aktivitas
belajar terhadap prestasi belajar matematika ditunjukkan oleh Fhitung= 8,8831, (2)
terdapat pengaruh persepsi siswa tentang perhatian orang tua terhadap prestasi belajar
matematika ditunjukkan oleh thitung=2,545, (3) terdapat pengaruh persepsi siswa
tentang perhatian guru matematika terhadap prestasi belajar matematika ditunjukkan
oleh thitung= 2,738, (3) terdapat pengaruh aktivitas belajar terhadap prestasi belajar
matematika ditunjukkan oleh thitung= 3,145. Penelitian ini menyimpulkan bahwa
persepsi siswa tentang perhatian orang tua, perhatian guru matematika dan aktivitas
belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika. |
---|