PENGARUH MINAT BELAJAR DAN SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS I SMK MUHAMMADIYAH 3 GEMOLONG TAHUN AJARAN 2006/2007

Penelitian bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh minat belajar dan sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar matematika, (3) pengaruh sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian dilakukan denga...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Diniawati, Rika
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
Published: 2006
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/10927/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh minat belajar dan sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar matematika, (3) pengaruh sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas I SMK Muhammadiyah 3 Gemolong tahun ajaran 2006/2007 yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah siswa 210 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 50 siswa diperoleh dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi untuk memperoleh data nama-nama siswa dan data prestasi belajar matematika siswa, metode angket untuk memperoleh data minat belajar siswa dan sosial ekonomi orang tua. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier ganda yang sebelumnya dilakukan uji normalitas, uji linieritas dan multikolinieritas. Hasil penelitian pada taraf signifikan menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh minat belajar dan sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar matematika dengan Fhitung = 7,760, (2) ada pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar matematika dengan thitung = 2,497, (3) ada pengaruh sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar matematika dengan thitung = 2,242. Sumbangan efektif untuk minat sebesar 13,5% dan besar sumbangan sosial ekonomi orang tua adalah 11,3%. Jadi kesimpulannya minat belajar mempunyai pengaruh lebih dominan terhadap prestasi belajar matematika jika dibandingkan dengan sosial ekonomi orang tua.