UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BERHITUNG MELALUI METODE DRILL DENGAN UMPAN BALIK (PTK Pokok Bahasan Pecahan pada Kelas IV SDN 4 Ngrandu)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan pemahaman konsep berhitung siswa kelas IV SD Negeri 4 Ngrandu melalui metode drill dengan umpan balik. Pada penelitian tindakan ini data dianalisis dengan metode alur. Data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilakukan, kemudian pros...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: HARJANTI , IKA WAHYUNING
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
Published: 2006
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/10926/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995202677473280
author HARJANTI , IKA WAHYUNING
author_facet HARJANTI , IKA WAHYUNING
author_sort HARJANTI , IKA WAHYUNING
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan pemahaman konsep berhitung siswa kelas IV SD Negeri 4 Ngrandu melalui metode drill dengan umpan balik. Pada penelitian tindakan ini data dianalisis dengan metode alur. Data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilakukan, kemudian proses analisis data dikembangkan secara deskriptif dengan mencari daya serap siswa melalui latihan soal pada tiap putaran. Daya serap siswa sebelum dilakukan tindakan secara keseluruhan yaitu 20%, sedangkan daya serap siswa setelah dilakukan tindakan kelas pada putaran I 53,33%, pada putaran II 73,33% dan pada putaran III 86,67%. Dari ketiga putaran tersebut ternyata daya serap pada aspek pemahaman konsep siswa pada setiap akhir putaran meningkat. Sedangkan ratarata kelas dari hasil tes sebelum dilakukan tindakan 5,67 sedangkan pada putaran I 5,87, pada putaran II 8,27, dan pada putaran III 9,13. Simpangan bakunya mengalami penurunan yaitu sebelum di lakukan tindakan simpangan bakunya 1,95, pada putaran I 1,73, pada putaran II 1,58, dan pada putaran III 1,36. artinya pemahaman konsep berhitung siswa SD Negeri 4 Ngrandu pada topik penjumlahan dan pengurangan pecahan meningkat.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:10926
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
publishDate 2006
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:10926 https://eprints.ums.ac.id/10926/ UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BERHITUNG MELALUI METODE DRILL DENGAN UMPAN BALIK (PTK Pokok Bahasan Pecahan pada Kelas IV SDN 4 Ngrandu) HARJANTI , IKA WAHYUNING L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan pemahaman konsep berhitung siswa kelas IV SD Negeri 4 Ngrandu melalui metode drill dengan umpan balik. Pada penelitian tindakan ini data dianalisis dengan metode alur. Data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilakukan, kemudian proses analisis data dikembangkan secara deskriptif dengan mencari daya serap siswa melalui latihan soal pada tiap putaran. Daya serap siswa sebelum dilakukan tindakan secara keseluruhan yaitu 20%, sedangkan daya serap siswa setelah dilakukan tindakan kelas pada putaran I 53,33%, pada putaran II 73,33% dan pada putaran III 86,67%. Dari ketiga putaran tersebut ternyata daya serap pada aspek pemahaman konsep siswa pada setiap akhir putaran meningkat. Sedangkan ratarata kelas dari hasil tes sebelum dilakukan tindakan 5,67 sedangkan pada putaran I 5,87, pada putaran II 8,27, dan pada putaran III 9,13. Simpangan bakunya mengalami penurunan yaitu sebelum di lakukan tindakan simpangan bakunya 1,95, pada putaran I 1,73, pada putaran II 1,58, dan pada putaran III 1,36. artinya pemahaman konsep berhitung siswa SD Negeri 4 Ngrandu pada topik penjumlahan dan pengurangan pecahan meningkat. 2006 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10926/1/A410020001.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10926/4/bab.1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10926/7/hal.depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10926/10/HASIL_PENELITIAN_DAN_PEMBAHASAN.pdf HARJANTI , IKA WAHYUNING (2006) UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BERHITUNG MELALUI METODE DRILL DENGAN UMPAN BALIK (PTK Pokok Bahasan Pecahan pada Kelas IV SDN 4 Ngrandu). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410020001
spellingShingle L Education (General)
HARJANTI , IKA WAHYUNING
UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BERHITUNG MELALUI METODE DRILL DENGAN UMPAN BALIK (PTK Pokok Bahasan Pecahan pada Kelas IV SDN 4 Ngrandu)
title UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BERHITUNG MELALUI METODE DRILL DENGAN UMPAN BALIK (PTK Pokok Bahasan Pecahan pada Kelas IV SDN 4 Ngrandu)
title_full UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BERHITUNG MELALUI METODE DRILL DENGAN UMPAN BALIK (PTK Pokok Bahasan Pecahan pada Kelas IV SDN 4 Ngrandu)
title_fullStr UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BERHITUNG MELALUI METODE DRILL DENGAN UMPAN BALIK (PTK Pokok Bahasan Pecahan pada Kelas IV SDN 4 Ngrandu)
title_full_unstemmed UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BERHITUNG MELALUI METODE DRILL DENGAN UMPAN BALIK (PTK Pokok Bahasan Pecahan pada Kelas IV SDN 4 Ngrandu)
title_short UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BERHITUNG MELALUI METODE DRILL DENGAN UMPAN BALIK (PTK Pokok Bahasan Pecahan pada Kelas IV SDN 4 Ngrandu)
title_sort upaya peningkatan pemahaman konsep berhitung melalui metode drill dengan umpan balik ptk pokok bahasan pecahan pada kelas iv sdn 4 ngrandu
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/10926/
work_keys_str_mv AT harjantiikawahyuning upayapeningkatanpemahamankonsepberhitungmelaluimetodedrilldenganumpanbalikptkpokokbahasanpecahanpadakelasivsdn4ngrandu