UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BERHITUNG MELALUI METODE DRILL DENGAN UMPAN BALIK (PTK Pokok Bahasan Pecahan pada Kelas IV SDN 4 Ngrandu)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan pemahaman konsep berhitung siswa kelas IV SD Negeri 4 Ngrandu melalui metode drill dengan umpan balik. Pada penelitian tindakan ini data dianalisis dengan metode alur. Data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilakukan, kemudian pros...

תיאור מלא

שמור ב:
מידע ביבליוגרפי
מחבר ראשי: HARJANTI , IKA WAHYUNING
פורמט: Thesis
שפה:English
English
English
English
יצא לאור: 2006
נושאים:
גישה מקוונת:https://eprints.ums.ac.id/10926/
תגים: הוספת תג
אין תגיות, היה/י הראשונ/ה לתייג את הרשומה!
תיאור
סיכום:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan pemahaman konsep berhitung siswa kelas IV SD Negeri 4 Ngrandu melalui metode drill dengan umpan balik. Pada penelitian tindakan ini data dianalisis dengan metode alur. Data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilakukan, kemudian proses analisis data dikembangkan secara deskriptif dengan mencari daya serap siswa melalui latihan soal pada tiap putaran. Daya serap siswa sebelum dilakukan tindakan secara keseluruhan yaitu 20%, sedangkan daya serap siswa setelah dilakukan tindakan kelas pada putaran I 53,33%, pada putaran II 73,33% dan pada putaran III 86,67%. Dari ketiga putaran tersebut ternyata daya serap pada aspek pemahaman konsep siswa pada setiap akhir putaran meningkat. Sedangkan ratarata kelas dari hasil tes sebelum dilakukan tindakan 5,67 sedangkan pada putaran I 5,87, pada putaran II 8,27, dan pada putaran III 9,13. Simpangan bakunya mengalami penurunan yaitu sebelum di lakukan tindakan simpangan bakunya 1,95, pada putaran I 1,73, pada putaran II 1,58, dan pada putaran III 1,36. artinya pemahaman konsep berhitung siswa SD Negeri 4 Ngrandu pada topik penjumlahan dan pengurangan pecahan meningkat.