UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BERHITUNG MELALUI METODE DRILL DENGAN UMPAN BALIK (PTK Pokok Bahasan Pecahan pada Kelas IV SDN 4 Ngrandu)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan pemahaman konsep berhitung siswa kelas IV SD Negeri 4 Ngrandu melalui metode drill dengan umpan balik. Pada penelitian tindakan ini data dianalisis dengan metode alur. Data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilakukan, kemudian pros...
সংরক্ষণ করুন:
প্রধান লেখক: | |
---|---|
বিন্যাস: | গবেষণাপত্র |
ভাষা: | English English English English |
প্রকাশিত: |
2006
|
বিষয়গুলি: | |
অনলাইন ব্যবহার করুন: | https://eprints.ums.ac.id/10926/ |
ট্যাগগুলো: |
ট্যাগ যুক্ত করুন
কোনো ট্যাগ নেই, প্রথমজন হিসাবে ট্যাগ করুন!
|
সংক্ষিপ্ত: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan pemahaman
konsep berhitung siswa kelas IV SD Negeri 4 Ngrandu melalui metode drill
dengan umpan balik. Pada penelitian tindakan ini data dianalisis dengan metode
alur. Data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilakukan, kemudian proses
analisis data dikembangkan secara deskriptif dengan mencari daya serap siswa
melalui latihan soal pada tiap putaran. Daya serap siswa sebelum dilakukan
tindakan secara keseluruhan yaitu 20%, sedangkan daya serap siswa setelah
dilakukan tindakan kelas pada putaran I 53,33%, pada putaran II 73,33% dan pada
putaran III 86,67%. Dari ketiga putaran tersebut ternyata daya serap pada aspek
pemahaman konsep siswa pada setiap akhir putaran meningkat. Sedangkan ratarata
kelas dari hasil tes sebelum dilakukan tindakan 5,67 sedangkan pada putaran I
5,87, pada putaran II 8,27, dan pada putaran III 9,13. Simpangan bakunya
mengalami penurunan yaitu sebelum di lakukan tindakan simpangan bakunya
1,95, pada putaran I 1,73, pada putaran II 1,58, dan pada putaran III 1,36. artinya
pemahaman konsep berhitung siswa SD Negeri 4 Ngrandu pada topik
penjumlahan dan pengurangan pecahan meningkat. |
---|