EFEKTIVITAS CARA BELAJAR SISTEM MODUL DISERTAI PEMBERIAN TUGAS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Pada Siswa Kelas I SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo Tahun Ajaran 2006/2007)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Ada tidaknya perbedaan pembelajaran dengan sistem modul disertai pemberian tugas akan menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik jika dibandingkan dengan metode konvensional, (2) Untuk mengetahui prestasi belajar matematika siswa yang...
Saved in:
主要作者: | |
---|---|
格式: | Thesis |
語言: | English English English English |
出版: |
2007
|
主題: | |
在線閱讀: | https://eprints.ums.ac.id/10924/ |
標簽: |
添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
|
總結: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Ada tidaknya perbedaan
pembelajaran dengan sistem modul disertai pemberian tugas akan menghasilkan
prestasi belajar matematika yang lebih baik jika dibandingkan dengan metode
konvensional, (2) Untuk mengetahui prestasi belajar matematika siswa yang
memiliki motivasi belajar tinggi akan lebih baik jika dibandingkan dengan siswa
yang mempunyai motivasi belajar rendah, (3) Untuk mengetahui adanya interaksi
antara proses pembelajaran dengan sistem modul disertai pemberian tugas dan
motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian dilakukan
dengan menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah
siswa kelas I SMP Negeri 2 Gatak Tahun Ajaran 2006/2007 yang terdiri dari 6
kelas dengan jumlah siswa 239 orang. Dengan cara mengundi lebih dahulu,
diperoleh hasil bahwa sampel yang terpilih dalam penelitian ini adalah kelas IA
dan kelas IB dengan banyaknya siswa masing-masing kelas adalah 40 orang.
Kelas yang terpilih sebagai kelas eksprerimen adalah kelas IA dan sebagai kelas
kontrol adalah kelas IB. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode
dokumentasi untuk memperoleh data kemampuan siswa sebelum eksperimen,
metode angket untuk memperoleh data motivasi belajar siswa dan metode tes
untuk memperoleh data prestasi belajar matematika. Teknik analisis yang
digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan frekuensi sel tak sama.
Sebagai persyaratan analisis adalah uji normalitas dengan metode liliefors pada α
= 5% dan uji homogenitas dengan menggunakan metode Bartlett. Dari hasil
penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh cara belajar sistem modul
disertai pemberian tugas (Fhitung = 6,657 > Ftabel = 4,001), (2) Terdapat pengaruh
motivasi belajar siswa terhadap prestasi (Fhitung = 10,433 > Ftabel = 3,150), (3)
Tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dengan motivasi belajar
siswa terhadap prestasi (Fhitung = 0,704 < Ftabel = 3,150) |
---|