PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN DENGAN STRATEGI QUESTIONS STUDENTS HAVE DAN METODE CERAMAH PADA SISWA KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 8 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2006/2007
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar pokok bahasan sistem pencernaan manusia yang menggunakan pembelajaran dengan metode questions students have dan ceramah pada siswa kelas VIII Semester I SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Tahun Ajaran 2006/2007 dan meng...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English |
Published: |
2007
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/10920/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil
belajar pokok bahasan sistem pencernaan manusia yang menggunakan
pembelajaran dengan metode questions students have dan ceramah pada siswa
kelas VIII Semester I SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Tahun Ajaran 2006/2007
dan mengetaui hasil belajar yang lebih baik antara pembelajaran dengan
menggunakan metode questions students have dan ceramah pada siswa kelas VIII
Semester I SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Tahun Ajaran 2006/2007. Populasi
dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang terdiri dari 4 kelas yaitu VIIIA –
VIIID. Sampel yang digunakan adalah 2 kelas yaitu kelas VIIIC dan VIIID
masing-masing terdiri dari 40 siswa, cara pengambilan sampel dengan
menggunakan cluster random sampling. Data dianalisis dengan menggunakan uji
t-test. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar biologi yang
menggunakan pembelajaran dengan metode questions students have dan ceramah
pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 8 Surakarta tahun ajaran 2006/ 2007
dengan nilai rata-rata 7,363 pada metode questions students have sedangkan
metode ceramah sebesar 6,525 sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa
pebmelajaran menggunakan metode questions students have memberikan hasil
yang lebih baik dibanding metode ceramah. |
---|