PENERAPAN PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 13 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2006/2007
Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas VII F SMP Negeri 13 Surakarta tahu...
Guardado en:
Autor principal: | |
---|---|
Formato: | Tesis |
Lenguaje: | English English English English English English English English |
Publicado: |
2007
|
Materias: | |
Acceso en línea: | https://eprints.ums.ac.id/10916/ |
Etiquetas: |
Agregar Etiqueta
Sin Etiquetas, Sea el primero en etiquetar este registro!
|
_version_ | 1804995199852609536 |
---|---|
author | LARTININGSIH , ENDANG |
author_facet | LARTININGSIH , ENDANG |
author_sort | LARTININGSIH , ENDANG |
collection | ePrints |
description | Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan
menggunakan beberapa metode mengajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah
untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan pembelajaran
Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas VII F SMP Negeri 13
Surakarta tahun ajaran 2006/2007. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa
SMP Negeri 13 Surakarta kelas VII tahun ajaran 2006/2007 yang terdiri dari 6
kelas yaitu kelas VII A, VII B, VII C, VII D, VII E dan VII F. Sampel yang
diambil dalam penelitian ini adalah kelas VII F dengan teknik pengambilan
sampel purposive sampling yaitu pengambilan sampel berdasarkan atas ciri-cir
tertentu yaitu teknik pengambilan sampel yang didasarkan atas berbaga
pertimbangan atau tujuan tertentu. Pertimbangan tersebut didasari oleh hasi
observasi yaitu : siswa ramai, konsentrasi siswa tidak terfokus guru kurang
mendapat perhatian siswa, siswa kurang tertarik dengan cara guru menyampaikan
materi, tidak ada keberanian siswa dalam mengungkapkan pendapat, kondisi kela
yang siswanya kurang aktif berperan serta dalam mengikuti pelajaran, prestas
belajar siswa yang belum optimal, dan metode pembelajaran yang digunakan
Data hasil belajar Biologi diambil dengan menggunakan tes, observasi baik
dengan lembar penilaian maupun catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisi
data dari penelitian ini dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara
menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III yang
dilengkapi dengan analisis regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Sebelum tindakan didapa
rata-rata hasil belajar siswa sebesar 6,23 dan rata-rata pada siklus I meningka
menjadi 6,54, rata-rata siklus II meningkat menjadi 7,02 dan siklus III meningka
menjadi 7,21. Berdasarkan perhitungan regresi linier menunjukkan bahwa setelah
penerapan strategi NHT pada pembelajaran berpengaruh positif terhadap
peningkatan nilai awal siswa sebesar 0,33 point atau 33%. Berdasarkan hasi
penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan NHT meningkatkan
hasil belajar Biologi siswa kelas VII F SMP Negeri 13 Surakarta tahun ajaran
2006/2007 sebesar 0,33 point atau 33%. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:10916 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2007 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:10916 https://eprints.ums.ac.id/10916/ PENERAPAN PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 13 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2006/2007 LARTININGSIH , ENDANG L Education (General) Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas VII F SMP Negeri 13 Surakarta tahun ajaran 2006/2007. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 13 Surakarta kelas VII tahun ajaran 2006/2007 yang terdiri dari 6 kelas yaitu kelas VII A, VII B, VII C, VII D, VII E dan VII F. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah kelas VII F dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling yaitu pengambilan sampel berdasarkan atas ciri-cir tertentu yaitu teknik pengambilan sampel yang didasarkan atas berbaga pertimbangan atau tujuan tertentu. Pertimbangan tersebut didasari oleh hasi observasi yaitu : siswa ramai, konsentrasi siswa tidak terfokus guru kurang mendapat perhatian siswa, siswa kurang tertarik dengan cara guru menyampaikan materi, tidak ada keberanian siswa dalam mengungkapkan pendapat, kondisi kela yang siswanya kurang aktif berperan serta dalam mengikuti pelajaran, prestas belajar siswa yang belum optimal, dan metode pembelajaran yang digunakan Data hasil belajar Biologi diambil dengan menggunakan tes, observasi baik dengan lembar penilaian maupun catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisi data dari penelitian ini dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III yang dilengkapi dengan analisis regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Sebelum tindakan didapa rata-rata hasil belajar siswa sebesar 6,23 dan rata-rata pada siklus I meningka menjadi 6,54, rata-rata siklus II meningkat menjadi 7,02 dan siklus III meningka menjadi 7,21. Berdasarkan perhitungan regresi linier menunjukkan bahwa setelah penerapan strategi NHT pada pembelajaran berpengaruh positif terhadap peningkatan nilai awal siswa sebesar 0,33 point atau 33%. Berdasarkan hasi penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan NHT meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas VII F SMP Negeri 13 Surakarta tahun ajaran 2006/2007 sebesar 0,33 point atau 33%. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10916/1/Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10916/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10916/4/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10916/8/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10916/10/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10916/12/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10916/15/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10916/26/Lampiran.pdf LARTININGSIH , ENDANG (2007) PENERAPAN PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 13 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2006/2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A420030011 |
spellingShingle | L Education (General) LARTININGSIH , ENDANG PENERAPAN PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 13 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2006/2007 |
title | PENERAPAN PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 13 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2006/2007 |
title_full | PENERAPAN PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 13 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2006/2007 |
title_fullStr | PENERAPAN PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 13 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2006/2007 |
title_full_unstemmed | PENERAPAN PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 13 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2006/2007 |
title_short | PENERAPAN PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 13 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2006/2007 |
title_sort | penerapan pembelajaran numbered heads together nht untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas vii smp negeri 13 surakarta tahun ajaran 2006 2007 |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/10916/ |
work_keys_str_mv | AT lartiningsihendang penerapanpembelajarannumberedheadstogethernhtuntukmeningkatkanhasilbelajarbiologisiswakelasviismpnegeri13surakartatahunajaran20062007 |