PENERAPAN PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 13 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2006/2007
Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas VII F SMP Negeri 13 Surakarta tahu...
Spremljeno u:
Glavni autor: | |
---|---|
Format: | Disertacija |
Jezik: | English English English English English English English English |
Izdano: |
2007
|
Teme: | |
Online pristup: | https://eprints.ums.ac.id/10916/ |
Oznake: |
Dodaj oznaku
Bez oznaka, Budi prvi tko označuje ovaj zapis!
|
Sažetak: | Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan
menggunakan beberapa metode mengajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah
untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan pembelajaran
Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas VII F SMP Negeri 13
Surakarta tahun ajaran 2006/2007. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa
SMP Negeri 13 Surakarta kelas VII tahun ajaran 2006/2007 yang terdiri dari 6
kelas yaitu kelas VII A, VII B, VII C, VII D, VII E dan VII F. Sampel yang
diambil dalam penelitian ini adalah kelas VII F dengan teknik pengambilan
sampel purposive sampling yaitu pengambilan sampel berdasarkan atas ciri-cir
tertentu yaitu teknik pengambilan sampel yang didasarkan atas berbaga
pertimbangan atau tujuan tertentu. Pertimbangan tersebut didasari oleh hasi
observasi yaitu : siswa ramai, konsentrasi siswa tidak terfokus guru kurang
mendapat perhatian siswa, siswa kurang tertarik dengan cara guru menyampaikan
materi, tidak ada keberanian siswa dalam mengungkapkan pendapat, kondisi kela
yang siswanya kurang aktif berperan serta dalam mengikuti pelajaran, prestas
belajar siswa yang belum optimal, dan metode pembelajaran yang digunakan
Data hasil belajar Biologi diambil dengan menggunakan tes, observasi baik
dengan lembar penilaian maupun catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisi
data dari penelitian ini dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara
menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III yang
dilengkapi dengan analisis regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Sebelum tindakan didapa
rata-rata hasil belajar siswa sebesar 6,23 dan rata-rata pada siklus I meningka
menjadi 6,54, rata-rata siklus II meningkat menjadi 7,02 dan siklus III meningka
menjadi 7,21. Berdasarkan perhitungan regresi linier menunjukkan bahwa setelah
penerapan strategi NHT pada pembelajaran berpengaruh positif terhadap
peningkatan nilai awal siswa sebesar 0,33 point atau 33%. Berdasarkan hasi
penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan NHT meningkatkan
hasil belajar Biologi siswa kelas VII F SMP Negeri 13 Surakarta tahun ajaran
2006/2007 sebesar 0,33 point atau 33%. |
---|