PENERAPAN PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 13 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2006/2007

Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas VII F SMP Negeri 13 Surakarta tahu...

Descripció completa

Guardat en:
Dades bibliogràfiques
Autor principal: LARTININGSIH , ENDANG
Format: Thesis
Idioma:English
English
English
English
English
English
English
English
Publicat: 2007
Matèries:
Accés en línia:https://eprints.ums.ac.id/10916/
Etiquetes: Afegir etiqueta
Sense etiquetes, Sigues el primer a etiquetar aquest registre!
Descripció
Sumari:Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas VII F SMP Negeri 13 Surakarta tahun ajaran 2006/2007. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 13 Surakarta kelas VII tahun ajaran 2006/2007 yang terdiri dari 6 kelas yaitu kelas VII A, VII B, VII C, VII D, VII E dan VII F. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah kelas VII F dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling yaitu pengambilan sampel berdasarkan atas ciri-cir tertentu yaitu teknik pengambilan sampel yang didasarkan atas berbaga pertimbangan atau tujuan tertentu. Pertimbangan tersebut didasari oleh hasi observasi yaitu : siswa ramai, konsentrasi siswa tidak terfokus guru kurang mendapat perhatian siswa, siswa kurang tertarik dengan cara guru menyampaikan materi, tidak ada keberanian siswa dalam mengungkapkan pendapat, kondisi kela yang siswanya kurang aktif berperan serta dalam mengikuti pelajaran, prestas belajar siswa yang belum optimal, dan metode pembelajaran yang digunakan Data hasil belajar Biologi diambil dengan menggunakan tes, observasi baik dengan lembar penilaian maupun catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisi data dari penelitian ini dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III yang dilengkapi dengan analisis regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Sebelum tindakan didapa rata-rata hasil belajar siswa sebesar 6,23 dan rata-rata pada siklus I meningka menjadi 6,54, rata-rata siklus II meningkat menjadi 7,02 dan siklus III meningka menjadi 7,21. Berdasarkan perhitungan regresi linier menunjukkan bahwa setelah penerapan strategi NHT pada pembelajaran berpengaruh positif terhadap peningkatan nilai awal siswa sebesar 0,33 point atau 33%. Berdasarkan hasi penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan NHT meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas VII F SMP Negeri 13 Surakarta tahun ajaran 2006/2007 sebesar 0,33 point atau 33%.