DESKRIPSI KESULITAN GURU MATEMATIKA SMP NEGERI DAN SWASTA KECAMATAN KLIRONG KABUPATEN KEBUMEN DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2004

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : 1. Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), 2. Kesulitan-kesulitan dalam pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dan cara mengatasinya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yaitu studi kasus yang diarahkan untuk memahami...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Iswati, Ari
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
Published: 2007
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/10913/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995198993825792
author Iswati, Ari
author_facet Iswati, Ari
author_sort Iswati, Ari
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : 1. Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), 2. Kesulitan-kesulitan dalam pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dan cara mengatasinya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yaitu studi kasus yang diarahkan untuk memahami secara menyeluruh suatu kasus tunggal. Sumber data yang dipergunakan adalah guru yang mengajar kelas VII dan VIII sebanyak 16 orang. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi langsung dan dokumentasi. Validitas data dilakukan dengan triangulasi data. Analisis data dilaksanakan dengan analisis alur. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu (1). Faktor dalam yang mempengaruhi guru dalam mengimplementasikan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) adalah tingkat gaji yang rendah berakibat kurangnya semangat dalam menjalankan kewajibannya, persepsi dan pemahaman guru tentang KBK sangat berpengaruh terhadap keberhasilan dalam menjalankan pembelajaran yang berkaitan dengan kurikulum dan ketidak sesuaian antara latar belakang pendidikan guru dengan mata pelajaran yang diampu dapat berakibat pencapaian sistem pembelajaran tidak maksimal, (2). Faktor luar yang mempengaruhi guru dalam mengimplementasikan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) adalah kurangnya informasi yang diterima guru tentang KBK, sarana dan prasarana pembelajaran yang kurang memadai, lingkungan sekolah yang tidak mendukung.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:10913
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
publishDate 2007
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:10913 https://eprints.ums.ac.id/10913/ DESKRIPSI KESULITAN GURU MATEMATIKA SMP NEGERI DAN SWASTA KECAMATAN KLIRONG KABUPATEN KEBUMEN DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2004 Iswati, Ari L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : 1. Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), 2. Kesulitan-kesulitan dalam pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dan cara mengatasinya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yaitu studi kasus yang diarahkan untuk memahami secara menyeluruh suatu kasus tunggal. Sumber data yang dipergunakan adalah guru yang mengajar kelas VII dan VIII sebanyak 16 orang. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi langsung dan dokumentasi. Validitas data dilakukan dengan triangulasi data. Analisis data dilaksanakan dengan analisis alur. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu (1). Faktor dalam yang mempengaruhi guru dalam mengimplementasikan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) adalah tingkat gaji yang rendah berakibat kurangnya semangat dalam menjalankan kewajibannya, persepsi dan pemahaman guru tentang KBK sangat berpengaruh terhadap keberhasilan dalam menjalankan pembelajaran yang berkaitan dengan kurikulum dan ketidak sesuaian antara latar belakang pendidikan guru dengan mata pelajaran yang diampu dapat berakibat pencapaian sistem pembelajaran tidak maksimal, (2). Faktor luar yang mempengaruhi guru dalam mengimplementasikan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) adalah kurangnya informasi yang diterima guru tentang KBK, sarana dan prasarana pembelajaran yang kurang memadai, lingkungan sekolah yang tidak mendukung. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10913/1/A410020030.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10913/4/bab.1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10913/7/daft.pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10913/10/hal.depan.pdf Iswati, Ari (2007) DESKRIPSI KESULITAN GURU MATEMATIKA SMP NEGERI DAN SWASTA KECAMATAN KLIRONG KABUPATEN KEBUMEN DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2004. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410020030,
spellingShingle L Education (General)
Iswati, Ari
DESKRIPSI KESULITAN GURU MATEMATIKA SMP NEGERI DAN SWASTA KECAMATAN KLIRONG KABUPATEN KEBUMEN DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2004
title DESKRIPSI KESULITAN GURU MATEMATIKA SMP NEGERI DAN SWASTA KECAMATAN KLIRONG KABUPATEN KEBUMEN DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2004
title_full DESKRIPSI KESULITAN GURU MATEMATIKA SMP NEGERI DAN SWASTA KECAMATAN KLIRONG KABUPATEN KEBUMEN DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2004
title_fullStr DESKRIPSI KESULITAN GURU MATEMATIKA SMP NEGERI DAN SWASTA KECAMATAN KLIRONG KABUPATEN KEBUMEN DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2004
title_full_unstemmed DESKRIPSI KESULITAN GURU MATEMATIKA SMP NEGERI DAN SWASTA KECAMATAN KLIRONG KABUPATEN KEBUMEN DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2004
title_short DESKRIPSI KESULITAN GURU MATEMATIKA SMP NEGERI DAN SWASTA KECAMATAN KLIRONG KABUPATEN KEBUMEN DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2004
title_sort deskripsi kesulitan guru matematika smp negeri dan swasta kecamatan klirong kabupaten kebumen dalam mengimplementasikan kurikulum 2004
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/10913/
work_keys_str_mv AT iswatiari deskripsikesulitangurumatematikasmpnegeridanswastakecamatanklirongkabupatenkebumendalammengimplementasikankurikulum2004