DESKRIPSI KESULITAN GURU MATEMATIKA SMP NEGERI DAN SWASTA KECAMATAN KLIRONG KABUPATEN KEBUMEN DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2004
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : 1. Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), 2. Kesulitan-kesulitan dalam pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dan cara mengatasinya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yaitu studi kasus yang diarahkan untuk memahami...
Na minha lista:
Autor principal: | |
---|---|
Formato: | Tese |
Idioma: | English English English English |
Publicado em: |
2007
|
Assuntos: | |
Acesso em linha: | https://eprints.ums.ac.id/10913/ |
Tags: |
Adicionar Tag
Sem tags, seja o primeiro a adicionar uma tag!
|
Resumo: | Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : 1. Pelaksanaan
Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), 2. Kesulitan-kesulitan dalam
pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dan cara mengatasinya.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yaitu studi kasus yang diarahkan
untuk memahami secara menyeluruh suatu kasus tunggal. Sumber data yang
dipergunakan adalah guru yang mengajar kelas VII dan VIII sebanyak 16 orang.
Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi langsung dan
dokumentasi. Validitas data dilakukan dengan triangulasi data. Analisis data
dilaksanakan dengan analisis alur. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu (1).
Faktor dalam yang mempengaruhi guru dalam mengimplementasikan Kurikulum
Berbasis Kompetensi (KBK) adalah tingkat gaji yang rendah berakibat kurangnya
semangat dalam menjalankan kewajibannya, persepsi dan pemahaman guru
tentang KBK sangat berpengaruh terhadap keberhasilan dalam menjalankan
pembelajaran yang berkaitan dengan kurikulum dan ketidak sesuaian antara latar
belakang pendidikan guru dengan mata pelajaran yang diampu dapat berakibat
pencapaian sistem pembelajaran tidak maksimal, (2). Faktor luar yang
mempengaruhi guru dalam mengimplementasikan Kurikulum Berbasis
Kompetensi (KBK) adalah kurangnya informasi yang diterima guru tentang KBK,
sarana dan prasarana pembelajaran yang kurang memadai, lingkungan sekolah
yang tidak mendukung. |
---|