ANALISIS PENGARUH MEDIA PROMOSI PAMFLET,SELEBARAN, PAPAN IKLAN, SPANDUK TERHADAP PERILAKU KONSUMEN DI TOKO DOORSTECH DI PABELAN, KARTASURA

Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui pengaruh media promosi: pamflet, selebaran, papan iklan, spanduk yang yang digunakan oleh toko doorstech terhadap perilaku konsumen di toko Doorstech; 2) Untuk mengetahui pengaruh media promosi paling dominan terhadap perilaku konsumen di to...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Aji, Arie Satriyo
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
Published: 2007
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/10908/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui pengaruh media promosi: pamflet, selebaran, papan iklan, spanduk yang yang digunakan oleh toko doorstech terhadap perilaku konsumen di toko Doorstech; 2) Untuk mengetahui pengaruh media promosi paling dominan terhadap perilaku konsumen di toko doorstech. Hipotesis dalam penelitian ini: “Diduga media promosi: pamflet, selebaran, dan papan iklan berpengaruh terhadap perilaku konsumen di toko doorstech, serta diduga media promosi pada papan iklan paling berpengaruh pada perilaku konsumen di toko Doorstech”. Adapun alat analisis yang digunakan adalah: uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi berganda, uji t, uji F, dan Koefisien Determinasi (R2). Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang berbelanja di toko Dorstech yang berada di Kalurahan Pabelan Kartasura. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebesar 96,04 responden yang dibulatkan menjadi 100 responden. Berdasarkan analisis data maka dapat disimpulkan : 1) Berdasarkan analisis regresi diketahui bahwa ternyata terdapat pengaruh yang positif antara media promosi berupa pamflet, selebaran, papan iklan, dan spanduk terhadap perilaku konsumen di Toko Doorstech Pabelan, Kartasura; 2) Hasil pengujian hipotesis dengan uji t, diketahui nilai thitung variabel pamflet (X1) sebesar 4,028 dan nilai tsignifikan sebesar 0,000 (tsig < 0,05), sehingga terbukti variabel pamflet berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku konsumen. Untuk variabel selebaran (X2) sebesar 2,221 dengan nilai tsig sebesar 0,029 (tsig < 0,05), sehingga terbukti variabel selebaran berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku konsumen. Variabel papan iklan (X3) sebesar 2,265 atau nilai tsig sebesar 0,026 (tsign. < 0,05), sehingga terbukti variabel papan iklan berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku konsumen. Variabel spanduk (X4) sebesar 2,095 > ttabel = 1,96 (thitung > ttabel), atau nilai tsign. sebesar 0,039 (tsign.< 0,05), sehingga terbukti variabel spanduk berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku konsumen; 3) Hasil pengujian hipotesis diketahui juga bahwa dengan level of significant sebesar 0,05, diperoleh Fhitung = 15,261. Ftabel sebesar 0,05 ; 5 ; 100 – 4 – 1 = 2,29 (Fhitung > Ftabel), atau terlihat nilai probabilitas 0,000. Dengan demikian terbukti bahwa ada pengaruh yang signifikan secara bersama-sama antara media promosi dengan pamflet (X1), selebaran (X2), papan iklan (X3), dan spanduk (X4) secara bersamasama terhadap perilaku konsumen (Y); 4) Berdasarkan analisis dengan Koefisien Determinasi (R2) diperoleh nilai sebesar 0,391, artinya bahwa 39,10% variasi variabel perilaku konsumen dapat dijelaskan oleh variasi variabel media promosi dengan pamflet (X1), selebaran (X2), papan iklan (X3), dan spanduk (X4) sedangkan sisanya yaitu 60,90% tidak dapat dijelaskan. Dengan kata lain pengaruh media promosi dengan pamflet (X1), selebaran (X2), papan iklan (X3), dan spanduk (X4) terhadap perilaku konsumen adalah 39,10 dan sisanya (100% - 39,10% = 60,90%) dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar model yang tidak diteliti, misalnya penetapan harga, distribusi, dan lain sebagainya.