ANALISIS PENGARUH MEDIA PROMOSI PAMFLET,SELEBARAN, PAPAN IKLAN, SPANDUK TERHADAP PERILAKU KONSUMEN DI TOKO DOORSTECH DI PABELAN, KARTASURA
Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui pengaruh media promosi: pamflet, selebaran, papan iklan, spanduk yang yang digunakan oleh toko doorstech terhadap perilaku konsumen di toko Doorstech; 2) Untuk mengetahui pengaruh media promosi paling dominan terhadap perilaku konsumen di to...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English |
Published: |
2007
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/10908/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui pengaruh media
promosi: pamflet, selebaran, papan iklan, spanduk yang yang digunakan oleh toko
doorstech terhadap perilaku konsumen di toko Doorstech; 2) Untuk mengetahui
pengaruh media promosi paling dominan terhadap perilaku konsumen di toko
doorstech.
Hipotesis dalam penelitian ini: “Diduga media promosi: pamflet, selebaran,
dan papan iklan berpengaruh terhadap perilaku konsumen di toko doorstech, serta
diduga media promosi pada papan iklan paling berpengaruh pada perilaku konsumen
di toko Doorstech”. Adapun alat analisis yang digunakan adalah: uji validitas, uji
reliabilitas, analisis regresi berganda, uji t, uji F, dan Koefisien Determinasi (R2).
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang berbelanja di toko Dorstech
yang berada di Kalurahan Pabelan Kartasura. Sampel yang digunakan dalam
penelitian ini adalah sebesar 96,04 responden yang dibulatkan menjadi 100
responden.
Berdasarkan analisis data maka dapat disimpulkan : 1) Berdasarkan analisis
regresi diketahui bahwa ternyata terdapat pengaruh yang positif antara media promosi
berupa pamflet, selebaran, papan iklan, dan spanduk terhadap perilaku konsumen di
Toko Doorstech Pabelan, Kartasura; 2) Hasil pengujian hipotesis dengan uji t,
diketahui nilai thitung variabel pamflet (X1) sebesar 4,028 dan nilai tsignifikan sebesar
0,000 (tsig < 0,05), sehingga terbukti variabel pamflet berpengaruh secara signifikan
terhadap perilaku konsumen. Untuk variabel selebaran (X2) sebesar 2,221 dengan
nilai tsig sebesar 0,029 (tsig < 0,05), sehingga terbukti variabel selebaran berpengaruh
secara signifikan terhadap perilaku konsumen. Variabel papan iklan (X3) sebesar
2,265 atau nilai tsig sebesar 0,026 (tsign. < 0,05), sehingga terbukti variabel papan iklan
berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku konsumen. Variabel spanduk (X4)
sebesar 2,095 > ttabel = 1,96 (thitung > ttabel), atau nilai tsign. sebesar 0,039 (tsign.< 0,05),
sehingga terbukti variabel spanduk berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku
konsumen; 3) Hasil pengujian hipotesis diketahui juga bahwa dengan level of
significant sebesar 0,05, diperoleh Fhitung = 15,261. Ftabel sebesar 0,05 ; 5 ; 100 – 4 – 1 = 2,29
(Fhitung > Ftabel), atau terlihat nilai probabilitas 0,000. Dengan demikian terbukti bahwa
ada pengaruh yang signifikan secara bersama-sama antara media promosi dengan
pamflet (X1), selebaran (X2), papan iklan (X3), dan spanduk (X4) secara bersamasama
terhadap perilaku konsumen (Y); 4) Berdasarkan analisis dengan Koefisien
Determinasi (R2) diperoleh nilai sebesar 0,391, artinya bahwa 39,10% variasi variabel
perilaku konsumen dapat dijelaskan oleh variasi variabel media promosi dengan
pamflet (X1), selebaran (X2), papan iklan (X3), dan spanduk (X4) sedangkan sisanya
yaitu 60,90% tidak dapat dijelaskan. Dengan kata lain pengaruh media promosi
dengan pamflet (X1), selebaran (X2), papan iklan (X3), dan spanduk (X4) terhadap
perilaku konsumen adalah 39,10 dan sisanya (100% - 39,10% = 60,90%) dipengaruhi
oleh faktor-faktor lain di luar model yang tidak diteliti, misalnya penetapan harga,
distribusi, dan lain sebagainya.
|
---|