UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE DRILL DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa ditinjau dari minat belajar siswa. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIB SMP N 6 Surakarta yang berjumlah 38 siswa, subyek pelaksanaan tindakan adalah Guru SMP N 6 Surakarta dan subyek yang membantu pelaksana...
Đã lưu trong:
Tác giả chính: | |
---|---|
Định dạng: | Luận văn |
Ngôn ngữ: | English English English English |
Được phát hành: |
2007
|
Những chủ đề: | |
Truy cập trực tuyến: | https://eprints.ums.ac.id/10907/ |
Các nhãn: |
Thêm thẻ
Không có thẻ, Là người đầu tiên thẻ bản ghi này!
|
Tóm tắt: | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika
siswa ditinjau dari minat belajar siswa. Subyek penerima tindakan adalah siswa
kelas VIIB SMP N 6 Surakarta yang berjumlah 38 siswa, subyek pelaksanaan
tindakan adalah Guru SMP N 6 Surakarta dan subyek yang membantu pelaksanaan
tindakan adalah peneliti dan kepala sekolah. Metode pengumpulan data dilakukan
melalui observasi, catatan lapangan, review, dan dokumentasi. Analisis data secara
deskriptif kualitatif dengan presentasi dan model alur. Hasil penelitian tindakan
kelas ini adalah terjadinya peningkatan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran
matematika melalui metode drill yang meliputi empat tahapan pembelajaran yaitu
tahap persiapan, tahap penyampaian, tahap pelatihan dan tahap penampilan hasil.
Adapun peningkatan minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika yang
ada, yaitu : (a) kegiatan siswa dalam mengajukan pertanyaan dan mengajukan ideide
tinggi, (b) kegiatan siswa dalam mengerjakan soal/ tugas mandiri sangat tinggi,
(c) kegiatan siswa dalam maju mengerjakan soal-soal ke depan kelas sedang, dan
(d) gangguan kelas sangat rendah. Dan peningkatan prestasi belajar matematika
sangat tinggi. |
---|