HASIL BELAJAR BIOLOGI MENGGUNAKAN PENDEKATAN CTL DI MTs MIFTAHUL ‘ULUM KLEGO BOYOLALI KELAS VII TAHUN PELAJARAN 2005/2006

Pendekatan CTL merupakan salah satu upaya yang dipergunakan dalam pembelajaran biologi agar siswa dapat memiliki pengalaman-pengalaman yang langsung terhadap objek yang menjadi pembahasan. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitiain ini adalah untuk mengetahui hasil belajar biologi siswa K...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ROPINGATUN , ROPINGATUN
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2007
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/10896/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995194532134912
author ROPINGATUN , ROPINGATUN
author_facet ROPINGATUN , ROPINGATUN
author_sort ROPINGATUN , ROPINGATUN
collection ePrints
description Pendekatan CTL merupakan salah satu upaya yang dipergunakan dalam pembelajaran biologi agar siswa dapat memiliki pengalaman-pengalaman yang langsung terhadap objek yang menjadi pembahasan. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitiain ini adalah untuk mengetahui hasil belajar biologi siswa Kelas VII Tahun Pelajaran 2005/2006 menggunakan pendekatan CTL dengan observasi dan konvensional dengan merangkum di MTs Miftahul ‘Ulum Klego Boyolali. Metode penelitian yang digunakan adalah Deskriptif Kualitatif dengan uji pra syarat test adalah dengan validitas, reliabilitas dan normalitas. Hasil uji t tes diketahui, thitung sebesar 3,538, pada derajat kebebasan n-1 (40-1 = 39) dan α 5% ttabel sebesar 2,15 sehingga thitung lebih besar dari ttabel, atau ho ditolak. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas VII A dengan kelas B. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan ttest, diketahui bahwa terdapat perbedaan perlakuan antara metode pengajaran dengan metode observasi dengan merangkum.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:10896
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2007
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:10896 https://eprints.ums.ac.id/10896/ HASIL BELAJAR BIOLOGI MENGGUNAKAN PENDEKATAN CTL DI MTs MIFTAHUL ‘ULUM KLEGO BOYOLALI KELAS VII TAHUN PELAJARAN 2005/2006 ROPINGATUN , ROPINGATUN L Education (General) Pendekatan CTL merupakan salah satu upaya yang dipergunakan dalam pembelajaran biologi agar siswa dapat memiliki pengalaman-pengalaman yang langsung terhadap objek yang menjadi pembahasan. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitiain ini adalah untuk mengetahui hasil belajar biologi siswa Kelas VII Tahun Pelajaran 2005/2006 menggunakan pendekatan CTL dengan observasi dan konvensional dengan merangkum di MTs Miftahul ‘Ulum Klego Boyolali. Metode penelitian yang digunakan adalah Deskriptif Kualitatif dengan uji pra syarat test adalah dengan validitas, reliabilitas dan normalitas. Hasil uji t tes diketahui, thitung sebesar 3,538, pada derajat kebebasan n-1 (40-1 = 39) dan α 5% ttabel sebesar 2,15 sehingga thitung lebih besar dari ttabel, atau ho ditolak. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas VII A dengan kelas B. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan ttest, diketahui bahwa terdapat perbedaan perlakuan antara metode pengajaran dengan metode observasi dengan merangkum. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10896/1/Cover.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10896/3/Bab_1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10896/4/Bab_2.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10896/5/Bab_3.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10896/7/Bab_4.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10896/9/Bab_5.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10896/11/Daftar_Pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10896/14/Deskripsi_Data_Hasil__Penelitian.pdf ROPINGATUN , ROPINGATUN (2007) HASIL BELAJAR BIOLOGI MENGGUNAKAN PENDEKATAN CTL DI MTs MIFTAHUL ‘ULUM KLEGO BOYOLALI KELAS VII TAHUN PELAJARAN 2005/2006. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A420940075
spellingShingle L Education (General)
ROPINGATUN , ROPINGATUN
HASIL BELAJAR BIOLOGI MENGGUNAKAN PENDEKATAN CTL DI MTs MIFTAHUL ‘ULUM KLEGO BOYOLALI KELAS VII TAHUN PELAJARAN 2005/2006
title HASIL BELAJAR BIOLOGI MENGGUNAKAN PENDEKATAN CTL DI MTs MIFTAHUL ‘ULUM KLEGO BOYOLALI KELAS VII TAHUN PELAJARAN 2005/2006
title_full HASIL BELAJAR BIOLOGI MENGGUNAKAN PENDEKATAN CTL DI MTs MIFTAHUL ‘ULUM KLEGO BOYOLALI KELAS VII TAHUN PELAJARAN 2005/2006
title_fullStr HASIL BELAJAR BIOLOGI MENGGUNAKAN PENDEKATAN CTL DI MTs MIFTAHUL ‘ULUM KLEGO BOYOLALI KELAS VII TAHUN PELAJARAN 2005/2006
title_full_unstemmed HASIL BELAJAR BIOLOGI MENGGUNAKAN PENDEKATAN CTL DI MTs MIFTAHUL ‘ULUM KLEGO BOYOLALI KELAS VII TAHUN PELAJARAN 2005/2006
title_short HASIL BELAJAR BIOLOGI MENGGUNAKAN PENDEKATAN CTL DI MTs MIFTAHUL ‘ULUM KLEGO BOYOLALI KELAS VII TAHUN PELAJARAN 2005/2006
title_sort hasil belajar biologi menggunakan pendekatan ctl di mts miftahul ulum klego boyolali kelas vii tahun pelajaran 2005 2006
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/10896/
work_keys_str_mv AT ropingatunropingatun hasilbelajarbiologimenggunakanpendekatanctldimtsmiftahululumklegoboyolalikelasviitahunpelajaran20052006