HASIL BELAJAR BIOLOGI MENGGUNAKAN PENDEKATAN CTL DI MTs MIFTAHUL ‘ULUM KLEGO BOYOLALI KELAS VII TAHUN PELAJARAN 2005/2006
Pendekatan CTL merupakan salah satu upaya yang dipergunakan dalam pembelajaran biologi agar siswa dapat memiliki pengalaman-pengalaman yang langsung terhadap objek yang menjadi pembahasan. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitiain ini adalah untuk mengetahui hasil belajar biologi siswa K...
Saved in:
主要作者: | |
---|---|
格式: | Thesis |
語言: | English English English English English English English English |
出版: |
2007
|
主題: | |
在線閱讀: | https://eprints.ums.ac.id/10896/ |
標簽: |
添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
|
總結: | Pendekatan CTL merupakan salah satu upaya yang dipergunakan dalam
pembelajaran biologi agar siswa dapat memiliki pengalaman-pengalaman yang
langsung terhadap objek yang menjadi pembahasan. Tujuan yang hendak dicapai
dalam penelitiain ini adalah untuk mengetahui hasil belajar biologi siswa Kelas
VII Tahun Pelajaran 2005/2006 menggunakan pendekatan CTL dengan observasi
dan konvensional dengan merangkum di MTs Miftahul ‘Ulum Klego Boyolali.
Metode penelitian yang digunakan adalah Deskriptif Kualitatif dengan uji pra
syarat test adalah dengan validitas, reliabilitas dan normalitas. Hasil uji t tes
diketahui, thitung sebesar 3,538, pada derajat kebebasan n-1 (40-1 = 39) dan α 5%
ttabel sebesar 2,15 sehingga thitung lebih besar dari ttabel, atau ho ditolak. Hal ini
dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas VII A
dengan kelas B. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan ttest, diketahui bahwa
terdapat perbedaan perlakuan antara metode pengajaran dengan metode observasi
dengan merangkum.
|
---|