ANALISIS PENGARUH PROMOTIONAL MIX TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA UD. SABAR MOTOR SURAKARTA

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya biaya promotional mix yang dilakukan perusahaan, besarnya volume penjualan perusahaan dan menganalisis pengaruh promotional mix terhadap volume penjualan di UD Sabar Motor di Surakarta, dari penelitian ini diharapkan sebagai bahan masukan bagi p...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ROZI, FAHRUR
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
Published: 2007
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/10866/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya biaya promotional mix yang dilakukan perusahaan, besarnya volume penjualan perusahaan dan menganalisis pengaruh promotional mix terhadap volume penjualan di UD Sabar Motor di Surakarta, dari penelitian ini diharapkan sebagai bahan masukan bagi perusahaan dalam mengambil keputusan dan juga sebagai bahan informasi kepada pimpinan perusahaan dalam periklanan, promosi penjualan, serta bentuk promosi yang paling tepat sehingga dapat meningkatkan volume penjualan dimasa yang akan datang. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Analisis regresi digunakan untuk menggambarkan hubungan variabel independent (periklanan, promosi penjualan dan personal selling) terhadap variabel dependen (volume penjualan). Hasil analisis data diperoleh R² sebesar 0,996 ini menunjukkan bahwa variabel periklanan, promosi penjualan dan personal selling berpengaruh terhadap volume penjualan pada UD Sabar Motor di Surakarta sebesar 99,6%. Sedangkan sisanya sebesar 0,4% mendapat kontribusi dari variabel lain. Pengujian terhadap masing-masing variabel melalui uji diperlolah nilai thitung variabel periklanan sebesar 3,768 sedangkan nilai ttabel sebesar 3,182 artinya ada pengaruh yang signifikan antara variabel periklanan terhadap volume penjualan. Kedua, variabel promosi penjualan mempunyai nilai thitung sebesar 3,886 sedangkan nilai ttabel sebesar 3,182 artinya ada pengaruh yang signifikan variabel promosi penjualan terhadap volume penjualan. Ketiga, variabel personal selling mempunyai nilai thitung sebesar 6,364 sedangkan nilai ttabel sebesar 3,182 artinya ada pengaruh yang signifikan antara variabel personal selling terhadap volume penjualan. Jika dilihat dari nilai Beta personal selling mempunyai nilai koefisien regresi yang paling besar yaitu 13,687 maka dapat ditentukan bahwa personal selling mempunyai pengaruh yang paling dominan dibandingakan periklanan dan promosi penjualan dalam mempengaruhi volume penjualan pada UD Sabar Motor di Surakarta. Pengujian variabel independen secara bersama-sama (periklanan, promosi penjualan dan personal selling) terhadap volume penjualan dilakukan dengan menggunakan uji F, nilai Fhitung sebesar 227,771 lebih besar dari Ftabel yaitu 9,28 artinya secara bersama-sama variabel periklanan, promosi penjualan dan personal selling berpengaruh terhadap volume penjualan di UD Sabar Motor di Surakarta.