ANALISIS PENGARUH PROMOTIONAL MIX TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA UD. SABAR MOTOR SURAKARTA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya biaya promotional mix yang dilakukan perusahaan, besarnya volume penjualan perusahaan dan menganalisis pengaruh promotional mix terhadap volume penjualan di UD Sabar Motor di Surakarta, dari penelitian ini diharapkan sebagai bahan masukan bagi p...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English |
Published: |
2007
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/10866/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya biaya promotional mix
yang dilakukan perusahaan, besarnya volume penjualan perusahaan dan
menganalisis pengaruh promotional mix terhadap volume penjualan di UD Sabar
Motor di Surakarta, dari penelitian ini diharapkan sebagai bahan masukan bagi
perusahaan dalam mengambil keputusan dan juga sebagai bahan informasi kepada
pimpinan perusahaan dalam periklanan, promosi penjualan, serta bentuk promosi
yang paling tepat sehingga dapat meningkatkan volume penjualan dimasa yang
akan datang.
Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi
linier berganda. Analisis regresi digunakan untuk menggambarkan hubungan
variabel independent (periklanan, promosi penjualan dan personal selling)
terhadap variabel dependen (volume penjualan).
Hasil analisis data diperoleh R² sebesar 0,996 ini menunjukkan bahwa
variabel periklanan, promosi penjualan dan personal selling berpengaruh terhadap
volume penjualan pada UD Sabar Motor di Surakarta sebesar 99,6%. Sedangkan
sisanya sebesar 0,4% mendapat kontribusi dari variabel lain. Pengujian terhadap
masing-masing variabel melalui uji diperlolah nilai thitung variabel periklanan
sebesar 3,768 sedangkan nilai ttabel sebesar 3,182 artinya ada pengaruh yang
signifikan antara variabel periklanan terhadap volume penjualan. Kedua, variabel
promosi penjualan mempunyai nilai thitung sebesar 3,886 sedangkan nilai ttabel
sebesar 3,182 artinya ada pengaruh yang signifikan variabel promosi penjualan
terhadap volume penjualan. Ketiga, variabel personal selling mempunyai nilai
thitung sebesar 6,364 sedangkan nilai ttabel sebesar 3,182 artinya ada pengaruh yang
signifikan antara variabel personal selling terhadap volume penjualan. Jika dilihat
dari nilai Beta personal selling mempunyai nilai koefisien regresi yang paling
besar yaitu 13,687 maka dapat ditentukan bahwa personal selling mempunyai
pengaruh yang paling dominan dibandingakan periklanan dan promosi penjualan
dalam mempengaruhi volume penjualan pada UD Sabar Motor di Surakarta.
Pengujian variabel independen secara bersama-sama (periklanan, promosi
penjualan dan personal selling) terhadap volume penjualan dilakukan dengan
menggunakan uji F, nilai Fhitung sebesar 227,771 lebih besar dari Ftabel yaitu 9,28
artinya secara bersama-sama variabel periklanan, promosi penjualan dan personal
selling berpengaruh terhadap volume penjualan di UD Sabar Motor di Surakarta.
|
---|