UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI LENGKUNG MELALUI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP N 1 Comal)
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil belajar matematika di tinjau dari (1) perhatian siswa, (2) keaktifan siswa, (3) kemampuan matematika melalui media pembelajaran berbasis TIK siswa kelas VIII SMP N I Comal yang berjumlah 40 siswa. Subyek pelaksana tindakan adalah peneliti, dan...
Uloženo v:
Hlavní autor: | |
---|---|
Médium: | Diplomová práce |
Jazyk: | English English English English English English English |
Vydáno: |
2007
|
Témata: | |
On-line přístup: | https://eprints.ums.ac.id/10861/ |
Tagy: |
Přidat tag
Žádné tagy, Buďte první, kdo vytvoří štítek k tomuto záznamu!
|
_version_ | 1804995184883138560 |
---|---|
author | Mahardika, Ari |
author_facet | Mahardika, Ari |
author_sort | Mahardika, Ari |
collection | ePrints |
description | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil belajar matematika di
tinjau dari (1) perhatian siswa, (2) keaktifan siswa, (3) kemampuan matematika
melalui media pembelajaran berbasis TIK siswa kelas VIII SMP N I Comal yang
berjumlah 40 siswa. Subyek pelaksana tindakan adalah peneliti, dan subyek yang
membantu pelaksana adalah guru matematika dan kepala sekolah. Data
dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, dan review. Pada penelitian
tindakan kelas ini analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Analisis
deskriptif kualitatif dilakukan dengan metode alur. Data dianalisis sejak tindakan
pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses tindakan
berlangsung. Untuk selanjutnya diambil daya serap melalui latihan-latihan soal
pada setiap putaran. Hasil penelitian ini terdapat peningkatan hasil belajar
matematika melalui pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Peningkatan Perhatian siswa dalam proses pembelajaran meningkat, yaitu
sebelum adanya penelitian tindakan 57,5%, pada putaran I 62,5%, putaran II
70%, dan putaran III 77,5%. Keaktifan siswa dalam menyelesaiakan soal dipapan
tulis dalam proses pembelajaran meningkat, yaitu sebelum adanya penelitian
tindakan 2,5%, pada putaran I 5%, putaran II 10%, dan putaran III 12,5%.
Keaktifan siswa dalam bertanya dan mengemukakan pendapat dalam proses
pembelajaran meningkat, yaitu sebelum adanya penelitian tindakan 0%, pada
putaran I 2,5%, putaran II 5%, dan putaran III 7,5%. Adanya peningkatan
prestasi belajar siswa sampai daya serap kelas 80 % melalui pemanfaatan
Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam pembelajaran matematika yaitu
sebelum adanya penelitian tindakan, siswa yang memperoleh nilai � 60 sebanyak
60%, pada putaran I sebanyak 67,5%, putaran II sebanyak 77,5%, dan putaran III
sebanyak 82,5%.Kesimpulan penelitian ini adalah melalui pemanfaatan Teknologi |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:10861 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English |
publishDate | 2007 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:10861 https://eprints.ums.ac.id/10861/ UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI LENGKUNG MELALUI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP N 1 Comal) Mahardika, Ari L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil belajar matematika di tinjau dari (1) perhatian siswa, (2) keaktifan siswa, (3) kemampuan matematika melalui media pembelajaran berbasis TIK siswa kelas VIII SMP N I Comal yang berjumlah 40 siswa. Subyek pelaksana tindakan adalah peneliti, dan subyek yang membantu pelaksana adalah guru matematika dan kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, dan review. Pada penelitian tindakan kelas ini analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Analisis deskriptif kualitatif dilakukan dengan metode alur. Data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses tindakan berlangsung. Untuk selanjutnya diambil daya serap melalui latihan-latihan soal pada setiap putaran. Hasil penelitian ini terdapat peningkatan hasil belajar matematika melalui pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Peningkatan Perhatian siswa dalam proses pembelajaran meningkat, yaitu sebelum adanya penelitian tindakan 57,5%, pada putaran I 62,5%, putaran II 70%, dan putaran III 77,5%. Keaktifan siswa dalam menyelesaiakan soal dipapan tulis dalam proses pembelajaran meningkat, yaitu sebelum adanya penelitian tindakan 2,5%, pada putaran I 5%, putaran II 10%, dan putaran III 12,5%. Keaktifan siswa dalam bertanya dan mengemukakan pendapat dalam proses pembelajaran meningkat, yaitu sebelum adanya penelitian tindakan 0%, pada putaran I 2,5%, putaran II 5%, dan putaran III 7,5%. Adanya peningkatan prestasi belajar siswa sampai daya serap kelas 80 % melalui pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam pembelajaran matematika yaitu sebelum adanya penelitian tindakan, siswa yang memperoleh nilai � 60 sebanyak 60%, pada putaran I sebanyak 67,5%, putaran II sebanyak 77,5%, dan putaran III sebanyak 82,5%.Kesimpulan penelitian ini adalah melalui pemanfaatan Teknologi 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10861/1/depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10861/2/bab1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10861/3/bab_2.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10861/4/bab_3.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10861/5/bab_4.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10861/6/bab_5.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10861/7/dapus.pdf Mahardika, Ari (2007) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI LENGKUNG MELALUI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP N 1 Comal). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A410030205 |
spellingShingle | L Education (General) Mahardika, Ari UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI LENGKUNG MELALUI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP N 1 Comal) |
title | UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI LENGKUNG MELALUI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP N 1 Comal) |
title_full | UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI LENGKUNG MELALUI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP N 1 Comal) |
title_fullStr | UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI LENGKUNG MELALUI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP N 1 Comal) |
title_full_unstemmed | UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI LENGKUNG MELALUI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP N 1 Comal) |
title_short | UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI LENGKUNG MELALUI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP N 1 Comal) |
title_sort | upaya peningkatan hasil belajar matematika pada pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung melalui teknologi informasi dan komunikasi ptk pembelajaran matematika di kelas viii smp n 1 comal |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/10861/ |
work_keys_str_mv | AT mahardikaari upayapeningkatanhasilbelajarmatematikapadapokokbahasanbangunruangsisilengkungmelaluiteknologiinformasidankomunikasiptkpembelajaranmatematikadikelasviiismpn1comal |