UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI LENGKUNG MELALUI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP N 1 Comal)

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil belajar matematika di tinjau dari (1) perhatian siswa, (2) keaktifan siswa, (3) kemampuan matematika melalui media pembelajaran berbasis TIK siswa kelas VIII SMP N I Comal yang berjumlah 40 siswa. Subyek pelaksana tindakan adalah peneliti, dan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Mahardika, Ari
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
Published: 2007
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/10861/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995184883138560
author Mahardika, Ari
author_facet Mahardika, Ari
author_sort Mahardika, Ari
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil belajar matematika di tinjau dari (1) perhatian siswa, (2) keaktifan siswa, (3) kemampuan matematika melalui media pembelajaran berbasis TIK siswa kelas VIII SMP N I Comal yang berjumlah 40 siswa. Subyek pelaksana tindakan adalah peneliti, dan subyek yang membantu pelaksana adalah guru matematika dan kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, dan review. Pada penelitian tindakan kelas ini analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Analisis deskriptif kualitatif dilakukan dengan metode alur. Data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses tindakan berlangsung. Untuk selanjutnya diambil daya serap melalui latihan-latihan soal pada setiap putaran. Hasil penelitian ini terdapat peningkatan hasil belajar matematika melalui pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Peningkatan Perhatian siswa dalam proses pembelajaran meningkat, yaitu sebelum adanya penelitian tindakan 57,5%, pada putaran I 62,5%, putaran II 70%, dan putaran III 77,5%. Keaktifan siswa dalam menyelesaiakan soal dipapan tulis dalam proses pembelajaran meningkat, yaitu sebelum adanya penelitian tindakan 2,5%, pada putaran I 5%, putaran II 10%, dan putaran III 12,5%. Keaktifan siswa dalam bertanya dan mengemukakan pendapat dalam proses pembelajaran meningkat, yaitu sebelum adanya penelitian tindakan 0%, pada putaran I 2,5%, putaran II 5%, dan putaran III 7,5%. Adanya peningkatan prestasi belajar siswa sampai daya serap kelas 80 % melalui pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam pembelajaran matematika yaitu sebelum adanya penelitian tindakan, siswa yang memperoleh nilai � 60 sebanyak 60%, pada putaran I sebanyak 67,5%, putaran II sebanyak 77,5%, dan putaran III sebanyak 82,5%.Kesimpulan penelitian ini adalah melalui pemanfaatan Teknologi
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:10861
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2007
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:10861 https://eprints.ums.ac.id/10861/ UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI LENGKUNG MELALUI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP N 1 Comal) Mahardika, Ari L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil belajar matematika di tinjau dari (1) perhatian siswa, (2) keaktifan siswa, (3) kemampuan matematika melalui media pembelajaran berbasis TIK siswa kelas VIII SMP N I Comal yang berjumlah 40 siswa. Subyek pelaksana tindakan adalah peneliti, dan subyek yang membantu pelaksana adalah guru matematika dan kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, dan review. Pada penelitian tindakan kelas ini analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Analisis deskriptif kualitatif dilakukan dengan metode alur. Data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses tindakan berlangsung. Untuk selanjutnya diambil daya serap melalui latihan-latihan soal pada setiap putaran. Hasil penelitian ini terdapat peningkatan hasil belajar matematika melalui pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Peningkatan Perhatian siswa dalam proses pembelajaran meningkat, yaitu sebelum adanya penelitian tindakan 57,5%, pada putaran I 62,5%, putaran II 70%, dan putaran III 77,5%. Keaktifan siswa dalam menyelesaiakan soal dipapan tulis dalam proses pembelajaran meningkat, yaitu sebelum adanya penelitian tindakan 2,5%, pada putaran I 5%, putaran II 10%, dan putaran III 12,5%. Keaktifan siswa dalam bertanya dan mengemukakan pendapat dalam proses pembelajaran meningkat, yaitu sebelum adanya penelitian tindakan 0%, pada putaran I 2,5%, putaran II 5%, dan putaran III 7,5%. Adanya peningkatan prestasi belajar siswa sampai daya serap kelas 80 % melalui pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam pembelajaran matematika yaitu sebelum adanya penelitian tindakan, siswa yang memperoleh nilai � 60 sebanyak 60%, pada putaran I sebanyak 67,5%, putaran II sebanyak 77,5%, dan putaran III sebanyak 82,5%.Kesimpulan penelitian ini adalah melalui pemanfaatan Teknologi 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10861/1/depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10861/2/bab1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10861/3/bab_2.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10861/4/bab_3.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10861/5/bab_4.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10861/6/bab_5.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10861/7/dapus.pdf Mahardika, Ari (2007) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI LENGKUNG MELALUI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP N 1 Comal). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A410030205
spellingShingle L Education (General)
Mahardika, Ari
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI LENGKUNG MELALUI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP N 1 Comal)
title UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI LENGKUNG MELALUI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP N 1 Comal)
title_full UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI LENGKUNG MELALUI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP N 1 Comal)
title_fullStr UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI LENGKUNG MELALUI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP N 1 Comal)
title_full_unstemmed UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI LENGKUNG MELALUI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP N 1 Comal)
title_short UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI LENGKUNG MELALUI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP N 1 Comal)
title_sort upaya peningkatan hasil belajar matematika pada pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung melalui teknologi informasi dan komunikasi ptk pembelajaran matematika di kelas viii smp n 1 comal
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/10861/
work_keys_str_mv AT mahardikaari upayapeningkatanhasilbelajarmatematikapadapokokbahasanbangunruangsisilengkungmelaluiteknologiinformasidankomunikasiptkpembelajaranmatematikadikelasviiismpn1comal