PENERAPAN GUIDED NOTE TAKING DENGAN BANTUAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP N 3 Kartasura Tahun Pelajaran 2006/2007)
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Tindakan apa yang dilakukan guru untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa, (2) Adakah peningkatan konsentrasi belajar siswa selama proses pembelajaran dengan metode pembelajaran guided note takingdengan bantuan alat peraga. Subyek peneliti...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English |
Published: |
2007
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/10860/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Tindakan apa yang
dilakukan guru untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa, (2) Adakah
peningkatan konsentrasi belajar siswa selama proses pembelajaran dengan metode
pembelajaran guided note takingdengan bantuan alat peraga.
Subyek penelitian ini adalah guru kelas satu SMP N 3 Kartasura bertindak
sebagai subyek yang memberi tindakan. Kepala Sekolah diSMP N 3 Kartasura
sebagai subyek pembantu dalam perencanaan dan penyimpulan data, sedangkan
siswa kelas VII D SMP N 3 Kartasura tahun pelajaran 2006/2007 yang berjumlah
40 siswa sebagai subyek penelitian yang menerima tindakan. Metode
pembelajaran pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, catatan
lapangan dan review. Pada penelitian tindakan kelas ini, analisis data dilakukan
secara deskriptif kualitatif. Deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terdiri
dari reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah 1)
Menyusun program tindakan pembelajaran matematika denganmetode
pembelajaran guided note taking dengan bantuan alat peraga untuk meningkatkan
konsentrasi belajar siswa, 2)Selama proses pembelajaran dengan metode
pembelajaran guided note taking dengan bantuan alat peraga mengalami
peningkatan seperti: a) Perhatian siswa mengalami peningkatan yang meliputi: (1)
Persiapan mengikuti pelajaran sebanyak 21 siswa(51,47%), (2) Perhatian
terhadap penjelasan guru sebanyak18 siswa(43,85%), b) Keaktifan siswa
mengalami peningkatan yang meliputi: (1) Keaktifan bertanya sebanyak22 siswa
(54,63%),(2) Keaktifan mengeluarkan ide33 siswa(82,18%),(3) Keaktifan
mengerjakan soal dikelas sebanyak20 siswa(48,78%), (4) Keaktifan menjawab
pertanyaan yang diajukan guru sebanyak24 siswa(59,42%), c) Kreaktifitas siswa
mengalami peningkatan yang meliputi: (1) Melakukan percobaan/demonstrasi
sebanyak31 siswa(77,31%),(2) Ketepatan menggunakan alat peraga sebanyak
34 siswa(84,68%),d) Kemampuan matematika siswa mengalami peningkatan
yang meliputi: (1) Dapat memecahkan masalah sebanyak17 siswa (42,1%), (2)
Dapat menyimpulkan materi ajar sebanyak 17 siswa (41,86%). |
---|