UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN TEOREMA PHYTAGORAS MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH(PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP AL-ISLAM Kartasura)
Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran matematika melalui pembelajaran berbasis masalah guna meningkatkan kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP. Subyek pelaksana tindakan adalah guru matematika kelas VIII SMP AL-ISLAM Kartas...
保存先:
第一著者: | |
---|---|
フォーマット: | 学位論文 |
言語: | English English English English English English English |
出版事項: |
2007
|
主題: | |
オンライン・アクセス: | https://eprints.ums.ac.id/10859/ |
タグ: |
タグ追加
タグなし, このレコードへの初めてのタグを付けませんか!
|
要約: | Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui proses
pembelajaran matematika melalui pembelajaran berbasis masalah guna
meningkatkan kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah matematika
siswa kelas VIII SMP. Subyek pelaksana tindakan adalah guru matematika kelas
VIII SMP AL-ISLAM Kartasura berkolaborasi dengan peneliti dan kepala
sekolah. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, review, dan
catatan lapangan. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur.
Hasil penelitian ini adalah 1) ada peningkatan pemahaman matematika siswa
dalam mengerjakan soal-soal latihan mencapai 70,27%, dalam membuat
kesimpulan materi pelajaran mencapai 67,56%, dalam mengerjakan soal-soal
pekerjaan rumah mencapai 75,67%, 2) ada peningkatan kemampuan pemecahan
masalah dalam memecahkan masalah berdasarkan strategi yang dipikirkan sendiri
mencapai 75,67%, dalam mengemukakan jalan pikiran atau alasan yang
melandasi solusinya mencapai 72,97%. |
---|