UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN TEOREMA PHYTAGORAS MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH(PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP AL-ISLAM Kartasura)

Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran matematika melalui pembelajaran berbasis masalah guna meningkatkan kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP. Subyek pelaksana tindakan adalah guru matematika kelas VIII SMP AL-ISLAM Kartas...

詳細記述

保存先:
書誌詳細
第一著者: MARTANI , PUTRI DWI
フォーマット: 学位論文
言語:English
English
English
English
English
English
English
出版事項: 2007
主題:
オンライン・アクセス:https://eprints.ums.ac.id/10859/
タグ: タグ追加
タグなし, このレコードへの初めてのタグを付けませんか!
その他の書誌記述
要約:Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran matematika melalui pembelajaran berbasis masalah guna meningkatkan kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP. Subyek pelaksana tindakan adalah guru matematika kelas VIII SMP AL-ISLAM Kartasura berkolaborasi dengan peneliti dan kepala sekolah. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, review, dan catatan lapangan. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini adalah 1) ada peningkatan pemahaman matematika siswa dalam mengerjakan soal-soal latihan mencapai 70,27%, dalam membuat kesimpulan materi pelajaran mencapai 67,56%, dalam mengerjakan soal-soal pekerjaan rumah mencapai 75,67%, 2) ada peningkatan kemampuan pemecahan masalah dalam memecahkan masalah berdasarkan strategi yang dipikirkan sendiri mencapai 75,67%, dalam mengemukakan jalan pikiran atau alasan yang melandasi solusinya mencapai 72,97%.